Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Airlangga : Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca Menguntungkan Indonesia

Sebagaimana diketahui, krisis iklim yang terjadi akibat pemanasan global berpotensi memicu berbagai becana alam, mulai dari hujan deras yang dapat menimbulkan banjir hingga musim panas berkepanjangan yang dapat menimbulkan kekeringan.

"Tentu saja upaya global (mengurangi emisi gas rumah kaca) menguntungkan Indonesia yang rentan terhadap dampak perubahan iklim," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam Launching PBSE 2021, Kamis (18/3/2021).

Airlangga mengakui, dampak dari perubahan iklim sudah mulai dirasakan di Indonesia. Ini terlihat dengan kerap terjadinya bencana alam di berbagai wilayah nusantara.

"Seperti dapat kita saksikan bersama, bencana alam yang terkait perubahan iklim semakin meningkat dan jumlahnya menimbulkan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia," tuturnya.

Oleh karenanya setelah meratifikasi Perjanjian Paris pada 2016, pemerintah berkomitmen untuk menekan produksi emisi gas rumah kaca mencapai 29 persen pada 2030 dengan usaha sendiri dan 41 persen degnan bantuan pihak eksternal.

Namun, Airlangga menyadari, anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) maupun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan cukup untuk membiayai investasi penurunan produksi emisi gas rumah kaca. Sebab, investasi ini diproyeksi memakan biaya besar.

"Ini dibutuhkan partisipasi semua pihak, seluruh stake holders," kata dia.

Skema perdagangan karbon disebut Airlangga dapat menjadi solusi mengatasi permasalahan tersebut. Mekanisme jula beli sertifikat karbon ini dapat membantu pembiayaan investasi penurunan produksi emisi gas rumah kaca.

"Mekanisme perdagangan karbon yang akan diuji coba ini merupakan langkah strategis untuk memulai pengurangan emisi gas rumah kaca," ucap Airlangga.

https://money.kompas.com/read/2021/03/18/112057226/menko-airlangga-pengurangan-emisi-gas-rumah-kaca-menguntungkan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke