Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertama Kali Keluar Jakarta sejak Pandemi, Sri Mulyani Luncurkan Batam Logistik Ecosystem

Sri Mulyani menyebutkan, peluncuran ekosistem logistik tersebut merupakan agenda yang sangat penting. Sebab, perbaikan sistem logisitik di Indonesia merupakan bagian dari proses reformasi ekonomi yang sedang dilakukan oleh pemerintah.

Pasalnya, bila dibandingkan dengan negara lain, ongkos logistik di Indonesia jauh lebih mahal. Hal itu bisa mempengaruhi minat investor untuk berinvestasi di dalam negeri.

"Hari ini saya pertama kali keluar dari Jakarta, semenjak Covid. Dan pilihan pertama adalah mengunjungi Pulau Batam, untuk sebuah acara yang begitu penting, yakni peluncuran Batam Logistic Ecosystem (BLE)," ujar Sri Mulyani dalam acara tersebut yang ditayangkan secara virtual.

Menurut Sri Mulyani, ongkos logistik di Indonesia saat ini mencapai 23,5 persen dari keseluruhan porsi ekonomi nasional.

Angka tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan Malaysia yang ongkos logisitiknya hanya 13,5 persen dari keseluruhan ekonominya.

Padahal, saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya promosi dan mengeluarkan beragam kebijakan untuk menarik minat investor asing.

"Jadi kerja kita tidak hanya melakukan apa yang disebut promosi investasi, namun juga bekerja, melakukan pekerjaan rumah yakni membereskan rumah kita, sehingga ketika investor datang melihat Indonesia benar-benar terbuka untuk bisnis," jelas dia.



Untuk diketahui, BLE merupakan bagian dari Sistem Ekosistem Logistik Nasional (NLE). Sisstem tersebut memiliki fungsi untuk merapikan dan menyederhanakan proses bisnis melalyi layanan pemeriksaan terpadu dengan single submission, layanan pelabuhan, serta perizinan.

Saat ini, penyempuranaan sistem NLE dilakukan secara bertahap hingga 2024.

Adapun dengan keberadaan BLE, durasi layanan ship to ship/floating storage unit bisa terpangkas hingga 70 persen menjadi hanya satu hari, dari semula memerlukan waktu tiga hari.

Begitu juga kegiatan perizinan usaha dengan skema single submission. Dengan BLE, durasi kegiatan bisa terpangkas hingga 94 persen, yaitu dari 1 hari menjadi hanya 30 menit.

https://money.kompas.com/read/2021/03/18/151200726/pertama-kali-keluar-jakarta-sejak-pandemi-sri-mulyani-luncurkan-batam-logistik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke