Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kalbe Farma Luncurkan Tes Covid-19 dengan Metode Air Liur, Berapa Harganya?

Direktur PT Kalbe Farma TBK Sie Djohan mengatakan, tes Covid-19 Sampel Saliva ini diklaim akurat karena dibaurkan dengan teknologi RT-LAMP, yang mampu mendeteksi lebih dalam dari virus SARS-CoV-2.

Menurut Sie Djohan, alat test ini relatif lebih nyaman dalam penggunaan dalam tes Covid-19 di laboratorium ataupun di klinik dengan peralatan yang relatif sederhana. Selain itu, pengambilan sampel juga bisa dilakukan sendiri dengan menaruh air liur dalam tabung yang disediakan.

“Tes ini relatif lebih nyaman dengan prosedur yang simple dan mudah karena menggunakan teknologi tes molekuler yang sama seperti RT-PCR. Pengambilan sample juga bisa dilakukan sendiri,” kata Sie Djohan dalam konferensi pers, Jumat (19/3/2021).

Saat ini alat tes Covid-19 ini sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan, BPOM, dan dalam waktu dekat akan disuplai ke berbagai klinik dan laboratorium di seluruh Indonesia melalui unit distribusi Grup Kalbe.

Akterono D. Budiyati IVD Division Research Manager, Stem Cell and Cancer Institute mengatakan, metode Sampel Saliva ini memiliki kesamaan dengan RT-PCR yaitu mendeteksi materi genetik virus.

Dia bilang, virus SARS-CoV-2 memiliki materi gnetik yang ada di bagian dalam, sementara bagian luar dikelilingi oleh lapis proteksi yang mampu dideteksi oleh Rapid Test Anti Gen. Penggunaan teknologi tes molekuler melalui Sampel Saliva ini mampu mendeteksi materi genetik lapisan proteksi tersebut.

“Dari uji klinis yang kami lakukan, alat test ini bisa mendeteksi individu tanpa gejala SARS-CoV-2, serta membedakan mana individu dengan SARS-CoV-2 dan mana yang bukan. Kami juga membandingkan tes ini dengan hasil dari RT-PCR sebagai standar baku,” tegas Akterono.

Alat tes melalui Sampel Saliva ini dihargai senilai Rp 488.000 per paket. Untuk harga awal, Kalbe membanderol harga khusus sebesar Rp 400.000 per paket hingga 31 Maret 2021.

https://money.kompas.com/read/2021/03/19/134904226/kalbe-farma-luncurkan-tes-covid-19-dengan-metode-air-liur-berapa-harganya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke