Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BKN Ingatkan Jangan Tergiur Iming-iming Oknum Agar Lolos Tes CASN

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan dimulai April 2021.

Penerimaan terdiri atas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta sekolah kedinasan.

Dalam pelaksanaan rekrutmen tersebut, seringkali muncul oknum yang mengiming-imingi calon peserta agar lolos menjadi pegawai pemerintahan.

Namun, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengingatkan agar para peserta CPNS dan PPPK tidak cepat terpengaruh oleh oknum yang menawarkan kelolosan tersebut.

"Pertama, jangan percaya kalau ada oknum yang menawarkan bisa membantu meloloskan untuk menjadi CPNS. Karena sekarang harus melalui tahapan. Mulai dari pengumuman formasi, pendaftaran, seleksi administrasi, SKD, SKB, dan pengumuman akhir," ujar Paryono kepada Kompas.com, Sabtu (20/3/2021).

Paryono memastikan bahwa peserta CPNS dan PPPK yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tidak dapat diubah oleh oknum siapapun.

"Jadi kalau mau lolos, persiapkan diri dari sekarang. Mulai dari dokumen-dokumen administrasi sampai dengan belajar untuk persiapan SKD dan SKB," sarannya.

Apabila terdapat oknum yang masih menawarkan kelolosan CPNS dan PPPK, ia meminta agar para peserta segera melaporkan ke BKN.

"Bisa melapor ke Deputi Wasdal (Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian) BKN atau ke Humas BKN," imbau Paryono.

Sebagaimana diketahui, tahun ini, pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk PNS dan PPPK.

Jumlah kebutuhan untuk guru PPPK sebanyak 1 juta formasi, untuk pemerintah pusat sebesar 83.000 formasi, dan pemerintah daerah sebesar 189.000 formasi.

Rekrutmen CASN ini akan diawali bagi sekolah kedinasan di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga. Kedelapan instansi tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Setelah itu, dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni.

Bagi calon pelamar guru PPPK akan diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi melalui sistem Computer Assisted Test (CAT).

Pertama direncanakan pada bulan Agustus. Kemudian Oktober, dan terakhir akan dilaksanakan di bulan Desember.

https://money.kompas.com/read/2021/03/20/140329826/bkn-ingatkan-jangan-tergiur-iming-iming-oknum-agar-lolos-tes-casn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke