Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei KIC: 53,3 Persen Responden Mengaku Keuangannya Memburuk Selama Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com - Katadata Insight Center (KIC) melalui surveinya mencatatkan ada sebanyak 53,3 persen responden yang mengaku bahwa kondisi keuangannya memburuk selama masa pandemi Covid-19.

Sementara itu ada sebanyak 34,2 persen responden yang mengaku kondisi keuangannya biasa saja dan 12,5 persen responden mengaku kondisi keuangannya baik.

Expert Panel KIC Mulya Amri membeberkan, ada berbagai alasan atau penyebab mengapa kondisi keuangan masyarakat memburuk di tengah pandemi.

"Kami melihat bermacam-macam penyebabnya. Seperti karena pendapatan usaha mereka yang menurun, adanya pemotongan gaji, pengeluaran kesehatan yang bertambah hingga terkena PHK," ujar Mulya dalam Katadata Indonesia Data and Economic Conference 2021 yang disiarkan secara virtual, Selasa (23/3/2021).

Mulya menyebutkan dari hasil survei ini, mayoritas responden menjawab bahwa hal ini disebabkan pendapatan usaha yang menurun, dengan persentase 61,6 persen.

Sementara alasan karena terkena PHK dialami oleh sekitar 10,4 persen.

Sementara itu, ditinjau dari kesadaran masyarakat untuk menyiapkan cadangan dana darurat, hanya sebanyak 37 persen masyarakat yang memiliki dana darurat.

Sementara sisanya, 62,9 persen yang sama sekali tidak memiliki dana darurat.

Dari total masyarakat yang memiliki dana darurat, durasi bertahannya keuangan mereka untuk dana darurat tersebut, hanya berlangsung sebentar.

"Ada 54 persen yang mengaku bahwa sana darurat yang mereka miliki cuma bertahan 3 bulan ke depan. Lalu ada sebanyak 23,2 persen yang mengaku bertahan 4-6 bulan dan cuma 10,7 persen yang mengaku dana daruratnya bertahan selama setahun. Ini menjadi perhatian khusus, sebab jika diteliti lagi ternyata banyak masyarakat yang mengaku bahwa pengeluaran mereka lebih sedikit dibandingkan pemasukan," ucap Mulya.

Perlu diketahui, survei ini dilakukan secara online yang dilakukan pada tanggal 26 Februari-1 Maret 2021. Survei ini melibatkan 2.491 responden yang berasal dari 34 provinsi.

https://money.kompas.com/read/2021/03/23/175406726/survei-kic-533-persen-responden-mengaku-keuangannya-memburuk-selama-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke