Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Dwiyana Slamet Riyadi, Bos Baru di Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kini, pria berkaca mata ini jadi bos baru di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang sedang digarap PT KCIC selaku perusahaan patungan dari konsorsium Indonesia dan China.

Sosok Dwiyana Slamet Riyadi bukan orang baru di dunia perkeretaapian. Keterangan resmi PT KCIC menjelaskan bahwa Dwiyana Slamet Riyadi sudah berkecimpung di dunia perkeretaapian Indonesia sejak 1992.

Ia juga sudah kerap melalang buana pada sejumlah jabatan penting pada berbagai divisi di PT Kereta Api Indonesia (KAI), termasuk anak perusahaannya.

Terakhir sebelum diangkat jadi Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi tercatat sebagai Plt. President Director PT Reska Multi Usaha atau disebut RMU.

PT RMU merupakan salah satu anak perusahaan PT KAI yang berdiri sejak tahun 2003. PT RMU bergerak dalam bisnis kafe dan resto, pengelolaan lokasi prarkir, dan restoran di dalam kereta.

Sebelum jadi bos di PT RMU, Dwiyana juga sudah berkecimpung di manajemen anak usaha KAI lainnya. Dwiyana Slamet Riyadi sempat menjabat Direktur Utama PT Kereta Api Properti Manajemen atau KAPM.

PT KAPM adalah salah satu anak usaha PT KAI yang didirikan pada tahun 2009. Perusahaan tersebut memiliki usaha inti di bidang properti dengan tujuan untuk memaksimalkan pengelolaan aset dan properti milik PT KAI maupun pihak lainnya.

Selain usaha inti tersebut, PT KAPM juga memiliki usaha lainnya yaitu konstruksi dan trading.

Lebih lanjut, Dwiyana Slamet Riyadi juga tercatat pernah menjadi Direktur Operasi dan Pemasaran di PT KA Logistics yang juga anak usaha KAI. Selain itu, ia juga pernah mengenyam jabatan Direktur Operasi dan Pemasaran PT KAI Commuter Jabodetabek.

Adapun saat ini di PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menempati posisi Direktur Utama yang sebelumnya dijabat Chandra Dwiputra. Dengan perubahan tersebut, posisi Chandra Dwiputra kini digeser, menempati jabatan salah satu Direktur.

Selain itu, Dwiyana Slamet Riyadi sebagai Direktur Utama juga didampingi oleh tiga Direktur lain yakni Zhang Chao, Xiao Songxin dan Allan Tandiono.

Hanya saja belum jelas nomenklatur jabatan dari empat direktur PT KCIC ini. Perusahaan sendiri baru akan melakukan pelantikan para pengurus baru pada Rabu (24/3/2021). Sejalan itu, RUPS juga merombak jajaran komisaris.

“Melalui keputusan dalam Surat Sirkuler tersebut, terjadi penambahan Komisaris PT KCIC dari tiga orang menjadi enam orang,” kata Corporate Secretary PT KCIC Mirza Soraya, dalam keterangan tertulis pada Selasa (23/3/2021).

Secara lengkap, susunan Komisaris PT KCIC yang baru sesuai dengan Surat Sirkuler adalah Ju Guojiang sebagai Komisaris Utama didampingi lima Komisaris yakni Agung Budi Waskito, Jeffrie N. Korompis, Gao Feng, Heru Wisnu Wibowo dan Yanuar Muhammad Najih.

“Pergantian yang dilakukan merupakan keputusan pemegang saham PT KCIC. Selaras dengan dimulainya tahapan pra-operasi, di mana operation and maintenance readiness menjadi isu penting sehingga ditunjuk direktur utama yang memiliki latar belakang di dunia perkeretaapian utusan dari KAI,” bebernya.

https://money.kompas.com/read/2021/03/23/185005926/profil-dwiyana-slamet-riyadi-bos-baru-di-kereta-cepat-jakarta-bandung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke