Salin Artikel

Minat Bisnis Homestay? Simak Kunci Sukses dari Sandiaga Uno

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengungkapkan lima hal yang wajib dimiliki pondok wisata atau homestay untuk bisa ikut mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata.

"Saya titip lima kebutuhan khusus homestay, pertama, linen (sprei) dan handuk harus warnanya putih. Kedua, harus ada WiFi," jelas Sandiaga dilansir dari Antara, Rabu (24/3/2021).

"Ketiga, kamar mandi yang bersih dengan shower (pancuran). Keempat, opsi untuk mendapatkan televisi," kata dia lagi.

Hal terakhir yang harus dimiliki homestay, lanjut Sandiaga, yaitu menghadirkan alternatif produk ekonomi kreatif untuk makan malam atau sarapan pagi wisatawan.

"Ini yang harus ada karena saat makan siang biasanya tamu ada di luar, berwisata," kata Sandiaga Uno.

Ia menuturkan Kemenparekraf memiliki Program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) yang salah satunya juga diberikan untuk pengembangan usaha homestay di Indonesia.

BIP merupakan program yang bertujuan memberikan tambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap kepada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Khusus untuk sektor pariwisata atau homestay, bantuan akan diberikan dalam bentuk modal kerja untuk meningkatkan kapasitas pondok wisata.

"Yang linennya belum putih, yang belum ada WiFi, yang shower-nya belum ada air panas. Ini bisa kita tingkatkan dan juga dari kapasitas pelaku usahanya," kata Sandiaga Uno.

Ia menambahkan Program BIP juga dapat digunakan untuk pembayaran tenaga kerja dan lainnya.

Selain menyalurkan BIP, pemerintah berkolaborasi dengan pihak swasta dalam skema public private people partnership, salah satunya dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) membuka akses pembiayaan khusus homestay.

Buka MICE

Sandiaga Uno juga mengatakan, dalam waktu dekat ini kegiatan meetings, incentives, convention, and exhibitions (MICE) akan kembali diperbolehkan untuk diselenggarakan.

Atas dasar itu, dia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat mati suri akibat pandemi Covid-19.

“Mari kita pupuk semangat dan motivasi, mari kita dorong pelayanan hospitality yang berkualitas. Sebentar lagi MICE akan kembali lagi, jadi kita dorong semua, mari kita tingkatkan value proposisi kita,” ujar Sandiaga Uno.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap sektor pariwisata bisa menjadi lokomotif dalam membangkitkan perekonomian Indonesia.

“Saya sebagai Menparekraf menaruh harapan yang besar agar kita manfaatkan momentum ini semaksimal mungkin,” kata dia.

Kendati begitu, pria yang akrab disapa Sandi ini mengakui bahwa pandemi Covid-19 menjadi tantangan berat bagi industri pariwisata.

Namun, dia yakin dengan optimisme dari semua pihak, Indonesia bisa bangkit dari krisis ini.

“Situasi pandemi ini menjadi tantangan, bersikap positif apa pun tantangannya merupakan salah satu prasyarat untuk kita bisa bangkit. Kami di Kemenparekraf sudah beradaptasi dengan new normal dengan disiplin yang ketat protokol kesehatan melalui pedoman CHSE, cleanliness, health, safety, environment sustainability,” ucap dia.

Menurut Sandi, dalam menghadapi tantangan ini, semua pihak perlu bergandengan tangan. Dengan begitu, tantangan yang dihadapi akan semakin mudah dilalui.

“Saya ingin titip kepada teman-teman di Garuda Indonesia Online Travel Fair ini untuk bentuk kolaborasi bisnis dengan inovasi, gunakan virtual exhibition seperti ini kiranya hal ini akan disambut konsumen, travel agent, media, karena media akan terus mengemas berita-berita yang baik secara segmented agar wisatawan kita bisa kembali berwisata secara aman dan nyaman,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/03/24/071817326/minat-bisnis-homestay-simak-kunci-sukses-dari-sandiaga-uno

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.