Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Senjata BI Hadapi Taper Tantrum

Taper tantrum merupakan kondisi gejolak pasar ketika bank sentral mulai mengetatkan kebijakan.

"Kita harus ingat, kondisi pada saat tahun 2013 dengan kondisi sekarang jauh lebih beda. Secara keseluruhan, kita sudah siap dengan kemungkinan yang bakal terjadi bahkan sebelum Covid-19," ujarnya dalam Pelatihan Wartawan Ekonomi Nasional secara virtual, Kamis (25/3/2021).

Untuk itu Riza menegaskan Indonesia tak perlu takut akan risiko taper tantrum.  BI sebut dia, sudah memiliki beragam strategi untuk meminimalisasi hal tersebut.

Strategi pertama disebutkan dia adalah BI akan melakukan intervensi di pasar spot, pasar Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), dan intervensi di pasar sekunder Surat Berharga Negara (SBN).

"Namun triple intervention ini dilakukan harus menggunakan strategi operasional yang matang dan melihat kondisi pergerakan pasar," ucapnya.

Lalu yang kedua adalah adanya koordinasi yang membuat Sistem Stabilitas Keuangan (SSK) yang lebih tangguh. Menurut dia, diperlukan koordinasi antara bank sentral, OJK maupun otoritas lain yang terkait.

"Kita sudah siapkan. Sehingga kalau sudah ada persiapan, maka SSK domestik juga akan terjaga lebih kuat," ungkapnya.

Lalu yang ketiga adalah BI akan memperluas kerja sama hingga ke internasional. BI sendiri telah memiliki kerjasama transaksi perdagangan bilateral dan investasi langsung atau Local Currency Settlement (LCS) dengan beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, dan Jepang.

Sementara strategi yang keempat adalah bank sentral bersama dengan pemerintah juga akan rutin melakukan koordinasi internasional seperti forum G20 dan pertemuan rutin IMF.

"Dengan pertemuan seperti ini, Indonesia bisa tahu bagaimana respon dari negara lain dalam menghadapi krisis," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/03/25/160421426/ini-senjata-bi-hadapi-taper-tantrum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke