Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OJK: Bisnis Perhotelan Mulai Bergeliat, Restrukturisasi Kredit Berjalan Normal

Ketua Komisioner OJK Wimboh Santoso menyebut bahwa saat ini sektor perhotelan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan seiring dengan pulihnya perjalanan dinas pemerintah.

Jika sektor perhotelan pulih, hal itu turut mendorong permintaan kredit untuk modal kerja serta normalnya kegiatan restrukturisasi kredit.

"Perjalanan dinas pemerintah inilah yang menjadi pendorong utama sektor perhotelan dan pariwisata kembali pulih dari dampak pandemi Covid-19. Saat ini kita lihat perjalanan dinas perlahan-lahan mulai dilakukan," ujarnya saat berdiskusi dengan media, Kamis (25/3/2021).

Wimboh menyebut bahwa setelah sektor ini berhasil pulih, kegiatan restrukturisasi kredit di kalangan pelaku perhotelan akan kembali normal karena pelaku usaha perhotelan mulai bisa membayar kewajiban mereka kepada bank.

Seiring dengan itu, permintaan kredit modal kerja di sektor perhotelan akan mulai tumbuh.

"Terkait dengan itu, grace periode pembayaran kredit untuk pelaku perhotelan juga akan disesuaikan dengan kondisi yang ada, dan hal itu tergantung pada masing-masing perbankan selaku pemberi kredit," jelas Wimboh.

Pemulihan sektor perhotelan menjadi fokus perhatian OJK setelah sektor-sektor yang lain mulai tumbuh.

Beberapa sektor yang sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan adalah kendaraan dan properti. Hal lain yang juga menjadi indikator pemulihan adalah kembalinya konsumsi BBM dan listrik.

https://money.kompas.com/read/2021/03/26/070300326/ojk--bisnis-perhotelan-mulai-bergeliat-restrukturisasi-kredit-berjalan-normal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke