Salin Artikel

Mau Daftar ASN 2021? Login sscasn.bkn.go.id Tak Perlu Unggah Ijazah

Portal yang dapat diakses melalui link sscasn.bkn.go.id tersebut mewadahi tiga kategori rekrutmen calon ASN, yakni Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Sekolah Kedinasan, dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa penggunaan satu portal akan mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran.

Untuk mendukung kelancaran proses tersebut, BKN telah melakukan peningkatan fitur teknologi dalam SSCASN. Hal ini berdampak positif pada simplifikasi prosedur pendaftaran.

Nantinya, jika sudah membuat akun dan login ke sscasn.bkn.go.id, peserta seleksi tak perlu repot-repot mengunggah sejumlah dokumen yang datanya sudah terintegrasi.

Bima Haria menyebutkan, dengan peningkatan fitur SSCASN, peserta seleksi ASN tidak perlu mengunggah sejumlah dokumen, seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

“Portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti,” ujarnya, dikutip dari laman resmi BKN pada Sabtu (27/3/2021).

Selain itu, ia juga memastikan bahwa peserta seleksi ASN dapat mengakses informasi seluruh formasi yang dibuka Pemerintah. Hal ini termasuk inovasi baru pada portal SSCASN, karena pada seleksi sebelumnya peserta hanya dapat melihat ketersediaan formasi satu per satu di website masing-masing Instansi.

“Kini, cukup melalui portal SSCASN, peserta dapat mengakses seluruh informasi formasi yang dibuka Pemerintah,” tandasnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengungkapkan akan tetap menjaga kualitas transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi ASN, termasuk mencegah terjadinya tindak kecurangan atau percaloan.

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya tengah mempersiapkan fitur tambahan pada sistem CAT BKN, yakni face recognition yang diperuntukkan untuk mengidentifikasi peserta yang melakukan ujian, sehingga dapat meminimalkan adanya percaloan dalam pelaksanaan ujian.

Lebih lanjut, Bima menambahkan, dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, BKN akan tetap menerapkan prosedur pelaksanaan ujian sesuai protokol kesehatan dalam rekrutmen ASN tahun 2021.

Prosedur yang dimaksud, salah satunya dengan menghadirkan live score peserta melalui Youtube BKN agar hasil ujian dapat dipantau di mana saja, sehingga memungkinkan untuk tidak berkerumun di lokasi ujian.

Dalam rekrutmen ASN 2021 akan disediakan pula sarana khusus bagi peserta positif Covid-19 sehingga tetap dapat berkesempatan mengikuti seleksi. Ia juga mengungkapkan, untuk peserta seleksi di luar negeri akan tetap dapat mengikuti ujian di kantor KBRI setempat.

“Memfasilitasi peserta ujian di luar negeri jadi pengalaman baru dalam pelaksanaan seleksi tahun 2020. Tahun lalu BKN sudah melaksanakan ujian seleksi di 15 negara lewat kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri,” tutupnya.

Sebelumnya, Bima Haria Wibisana dalam Rapat Koordinasi Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan CASN Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, 4 Maret 2021, juga pernah memberikan penjelasan terkait portal SSCASN.

Dalam paparannya, dijelaskan bahwa Portal SSCASN merupakan portal masuk dan informasi mengenai suatu proses seleksi baik SSCN, SSPPPK, maupun Sekolah Kedinasan.

Adapun melalui portal SSCASN. pelamar bisa mendapatkan informasi mengenai Jadwal, Formasi yang dibuka, Alur Pendaftaran dan Informasi lainnya yang diinput oleh Instansi hanya melalui Portal SSCASN tersebut.

Fitur lengkap sscasn.bkn.go.id

Pada portal ini, terdapat fitur Dasboard yang diperuntukkan bagi petugas yang terlibat menjaring pendaftaran. Instansi maupun Panselnas dapat memonitoring progress pendaftaran maupun pengolahan nilai pada Dasboard SSCASN ini.

Selanjutnya, ada pula fitur Portal Akun Dan Pendaftaran. Dalam fitur ini, pelamar yang sudah mendaftar hanya perlu masuk atau login ke fitur ini untuk melihat proses Verifikasi maupun Pengumuman Kelulusan.

Lalu ada fitur Pengolahan Hasil Seleksi (SKD, SKB). Proses Pengolahan Nilai yang masuk akan diproses pada tahapan ini tanpa campur tangan tangan dengan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan. Fitur ini disediakan bukan untuk pelamar.

Selanjutnya, ada juga fitur Verifikasi. Fungsinya, digunakan bagi instansi melakukan Verifikasi Administrasi kepada pelamar secara online/daring terhadap dokumen yang diunggah berdasarkan persyaratan instansi.

Terdapat pula fitur Admin Instansi dan BKN Pusat/Kanreg. Ini merupakan modul yang diperuntukan Admin Instansi untuk melakukan pengaturan Formasi, Lokasi Penempatan maupun Persyaratan sebelum pendaftaran dimulai. Dan juga Untuk BKN Pusat/Kantor Regional melakukan validasi Formasi.

Kemudian ada fitur Helpdesk yakni Fitur Bantuan untuk pelamar. Selanjutnya, terdapat fitur Alur dan Petunjuk Penggunaan, yakni Fitur Petunjuk bagi Pelamar untuk mengetahui tahapan pendaftaran sampai akhir proses seleksi CASN, berupa Buku Pedoman dan gambaran besar alur seleksi.

Lalu ada fitur Simulasi Pemilihan Formasi (SPF). Yakni suatu fitur yang dapat digunakan oleh peserta atau pelamar untuk dapat melihat formasi jabatan yang lowong sesuai dengan klasifikasi pendidikannya di seluruh instansi yang membuka lowongan.

Tak kalah penting ada fitur Pengumuman. Inilah fitur yang dapat dipantau Pelamar mengenai pengumuman pendaftaran seluruh Instansi dan juga link pengumuman instansi- instansi.

https://money.kompas.com/read/2021/03/27/133200226/mau-daftar-asn-2021-login-sscasnbkngoid-tak-perlu-unggah-ijazah

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.