Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] RI Sudah 3 Tahun Tak Impor Beras, Benarkah? | Penyebab Bukalapak Digugat

Terkait dengan impor beras, Presiden menyatakan sudah 3 tahun ini Indonesia tak pernah impor beras. Berita mengenai hal tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Sabtu (27/3/2021).

Sementara itu berita lain yang juga terpopuler adalah penyebab Bukalapak digugat Rp 90,32 miliar. Berikut adalah daftar berita terpopuler selengkapnya: 

1. Jokowi Sebut Hampir 3 Tahun Tak Impor Beras, Benarkah?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai polemik impor beras tahun ini. Jokowi juga mengungkap bahwa Indonesia sudah hampir tiga tahun tak impor beras.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021 tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita Indonesia. Kita tahu, sudah hampir tiga tahun ini kita tidak impor beras,” ujar Jokowi ketika memberikan keterangan, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/3/2021).

Lebih lanjut, Jokowi mengakui saat ini ada MoU dengan Thailand dan Vietnam. Hanya saja, kerja sama untuk impor beras dari Thailand dan Vietnam itu menurutnya hanya untuk berjaga-jaga, mengingat situasi pandemi penuh ketidakpastian. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Bukalapak Digugat Rp 90,32 Miliar, Apa Sebabnya?

Perusahaan e-commerce PT Bukalapak.com digugat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan oleh PT Harmas Jalesveva dengan tuntutan ganti rugi senilai Rp 90,32 miliar.

Harmas menuding Bukalapak melakukan perbuatan melawan hukum. Gugatan atas perkara ini juga dilayangkan ke PT Leads Property Services Indonesia.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan, gugatan perdata ini terdaftar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada 24 Maret 2021 dengan nomor perkara 294/Pdt.G/2021/PN JKT.SEL. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Listrik Padam di Sebagian DKI dan Bekasi, PLN Minta Maaf

Sebagian wilayah DKI Jakarta dan Bekasi mengalami listrik padam pada Sabtu (27/3/2021) pagi menjelang siang.

PLN menyampaikan penjelasan bahwa padamnya listrik yang membuat lampu mati pada pagi hari ini terjadi akibat adanya gangguan. Gangguan listrik tersebut tepatnya terjadi di Sub Sistem Bekasi Priok pada pukul 08.06 WIB.

Atas kejadian ini, PLN menyampaikan permintaan maaf. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Disinggung Jokowi untuk Jaga-jaga, Ini Data Impor Beras Asal Thailand dan Vietnam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai rencana impor beras di tahun 2021 ini. Belakangan memang ramai dikabarkan Indonesia meneken perjanjian dengan Thailand untuk impor beras.

Jokowi tak membantah kabar tersebut, bahkan ia mengungkap tak hanya ada perjanjian impor beras asal Thailand, tetapi juga Vietnam.

Ia mengakui, saat ini pemerintah memang telah memiliki nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Thailand dan Vietnam terkait impor beras. Namun, hal itu hanya untuk jaga-jaga di tengah situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Menimbang Untung-Rugi Dampak Larangan Mudik Lebaran 2021

Pemerintah resmi melarang mudik Lebaran pada tahun ini. Langkah itu diambil mengingat masih tingginya angka penularan dan kematian akibat Covid-19.

Larangan mudik pun membuat mobilitas masyarakat menjadi rendah di momentum Lebaran sehingga berpotensi membatasi kegiatan perekonomian.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai, pemerintah tidak konsisten dalam memutuskan kebijakan larangan mudik, sebab Kementerian Perhubungan sempat menyebut tak ada larangan mudik. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

https://money.kompas.com/read/2021/03/28/063000326/-populer-money-ri-sudah-3-tahun-tak-impor-beras-benarkah-penyebab-bukalapak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke