Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuota Semester I Sudah Terpenuhi, Kapan Gelombang 17 Kartu Prakerja Dibuka?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuota peserta Kartu Prakerja untuk semester I 2021 ini sudah terpenuhi dengan ditutupnya masa pendaftaran gelombang 16.

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menyatakan bakal membuka pendaftaran gelombang 17 Kartu Prakerja bila ada kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12 hingga 16 yang dicabut.

Pasalnya, peserta tersebut tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

"Sebetulnya dengan pembukaan gelombang 16 maka target utk merekrut 2,7 juta peserta di semester 1 sudah tercapai," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Kompas.com, Senin (29/3/2021).

"Gelombang 17 akan dibuka bila ada kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak mereka ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja," jelas dia.

Dengan demikian, maka pembukaan gelombang 17 Kartu Prakerja akan menunggu hingga masa pembelian pelatihan Prakerja gelombang 16 berakhir.

Sebelumnya, Louisa juga sempat mengungkapkan, keberlanjutan program setelah kuota terpenuhi akan menunggu kepastian anggaran.

Sebab, total anggaran yang sudah definitif adalah sebesar Rp 10 triliun.

Dan jumlah tersebut dialokasikan pada semester I ini dengan 2,7 juta peserta. Sementara anggaran total Rp 20 triliun yang sebelumnya sempat disebutkan masih indikatif.

"Tetapi kami masih menunggu arahan yang definitif," jelas dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun sempat menungkapkan, tahun 2021 ini, pemerintah menaikkan anggaran untuk Program Kartu Prakerja menjadi Rp 20 triliun. 

Jumlah tersebut meningkat 100 persen alias dua kali lipat bila dibandingkan dengan anggaran awal pada APBN 2021 yang sebesar Rp 10 triliun.

Dengan demikian, nilai anggaran program Kartu Prakerja tahun ini sama seperti pada tahun 2020 lalu.

"Bapak Presiden memutuskan, program Prakerja dinaikkan dua kali lipat, jadi tadinya Rp 10 triliun tahun ini supaya disamakan dengan tahun lalu menjadi Rp 20 triliun, jadi kita tambahkan Rp 10 triliun," ucap Sri Mulyani ketika melakukan rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (27/1/2021).

Peningkatan anggaran untuk program Kartu Prakerja tersebut bersumber dari realokasi dan refocusing anggaran di setiap Kementerian/Lembaga.

https://money.kompas.com/read/2021/03/29/134156926/kuota-semester-i-sudah-terpenuhi-kapan-gelombang-17-kartu-prakerja-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke