Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Cara Gunakan Layanan Tes GeNose Seharga Rp 40.000 di Bandara Juanda dan Yogyakarta

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, keputusan tersebut selaras dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Covid-19.

Layanan GeNose dapat digunakan oleh calon penumpang di kedua bandara tersebut dengan harga sebesar Rp 40.000.

"Kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan layanan kebandarudaraan terbaik pada masa adaptasi kebiasaan baru, terutama dalam memberikan tambahan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di bandara," tutur Faik dalam keterangan tertulis, Rabu (31/3/2021).

Lebih lanjut Faik menjelaskan, untuk Bandara YIA akan tersedia 5 mesin GeNose dengan waktu operasional pukul 04.00 - 19.00 WIB.

"Sementara itu, waktu operasional layanan GeNose C-19 di Bandara Juanda Surabaya yaitu pukul 11.00 - 19.00 WIB di mana di bandara ini disediakan sebanyak 10 mesin GeNose C-19," katanya.

Bagi calon penumpang pesawat yang ingin menggunakan layanan GeNose, langkah pertama yang harus dilakukan ialah melakukan pendaftaran, yang bisa dilakukan secara manual maupun lewat aplikasi.

Kemudian, calon penumpang dapat melakukan pembayaran di tempat yang berbeda dari tempat pendaftaran.

Setelah melakukan pembayaran, calon penumpang mengambil sampel napas di bilik yang telah disediakan dekat tempat pembayaran sesuai dengan nomor urut.

"Adapun sampel napas yang diambil adalah pembuangan napas pada kembusan ketiga," tutur Faik.

Keempat, calon penumpang akan menyerahkan kantong udara kepada petugas, untuk kemudian dilakukan pengecekan menggunakan alat GeNose C-19.


Calon penumpang dapat mengambil hasil tes setelah petugas akan memanggil nomor urut dan identitas calon penumpang.

Jika hasil tes GeNose positif, maka petugas akan memberikan konsultansi, informasi, dan edukasi tekait hasil pemeriksaan dan menyarankan penumpang untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari serta memberikan surat rujukan atau surat keterangan hasil pemeriksaan untuk dilaporkan calon penumpang ke puskesmas sesuai domisili.

Namun, jika hasil tes negatif, calon penumpang dapat melanjutkan proses keberangkatan selanjutnya dengan menunjukkan hasil GeNose C-19 negatif kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk divalidasi.

"Calon penumpang juga menunjukkan hasil GeNose C-19 yang sudah divalidasi ke petugas maskapai saat proses check in dan boarding," ucap Faik.

https://money.kompas.com/read/2021/03/31/170900326/simak-cara-gunakan-layanan-tes-genose-seharga-rp-40.000-di-bandara-juanda-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke