Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penumpang Pesawat Diprediksi Terimbas Larangan Mudik, Kargo akan Tumbuh 10 Persen

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, di tahun ini, jumlah penumpang bulanan masih di kisaran 30 persen sampai 40 persen dari jumlah rata-rata di tahun 2019.

Menurutnya, data di 2020 lalu tak dapat dijadikan sebagai acuan, sebab jumlah penumpang tercatat hampir 0 pada periode April hingga Juni 2020 akibat dampak pandemi Covid-19.

“Proyeksinya jelang lebaran ini masih tidak menentu, apalagi pemerintah mengumumkan adanya larangan mudik. Apalagi jelas yang dilarang mudik adalah ASN, pegawai BUMN, TNI dan Polri. Belum lagi kalau Menteri Perhubungan mengeluarkan pengaturan tentang angkutan selama masa mudik dan balik sehingga ini masih sulit diprediksi kalaupun ada larangan itu,” katanya kepada Kontan.co.id, Senin (5/3/2021).

Alvin menambahkan, peningkatan jumlah penumpang tahun ini bergantung pada efektivitas vaksinasi Covid-19 dan penanggulangannya.

Namun yang pasti, untuk angkutan barang atau kargo di momen Lebaran nanti diperkirakan meningkat sekitar 10 persen.

“Tahun 2021, kami kira masih stabil di tren pada 2020 yakni sekitar 10 persen peningkatan untuk angkutan barang. Belum ada peningkatan lagi ini karena daya beli masyarakat masih stagnan,” imbuhnya.

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Penumpang pesawat terbang terimbas larangan mudik, angkutan kargo akan tumbuh 10%

https://money.kompas.com/read/2021/04/05/200729826/penumpang-pesawat-diprediksi-terimbas-larangan-mudik-kargo-akan-tumbuh-10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke