Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antam Bakal Pasok Bahan Baku untuk Baterai Kendaraan Listrik

IBC merupakan holding baterai kendaraan listrik yang terdiri dari empat BUMN yakni MIND ID, PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), dan PT Aneka Tambang Tbk.

Adapun bahan baku yang dibutuhkan dalam pembuatan baterai kendaraan listrik antara lain adalah nikel. Antam sendiri memang memiliki produksi bijih nikel.

"Dalam rantai ekosistem industri EV (electric vehicle/kendaraan listrik) battery ini, Antam berkomitmen untuk memasok kebutuhan bahan baku," ujar SVP Corporate Secretary Antam, Kunto Hendrapawoko dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Kunto menjelaskan, dalam ekosistem industri baterai kendaraan listrik yang dilakukan IBC akan mencakup hulu sampai ke hilir, alias hingga menjadi produk siap pakai.

Prosesnya mulai dari pengolahan atau pemurnian nikel, pembuatan bahan baku baterai dalam bentuk prekursor dan katoda, hingga pembuatan battery cell dan battery pack.

Menurutnya, Antam bersama dengan pemegang saham lainnya di IBC, meyakini proyek tersebut bakal memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional. Terutama bagi terwujudnya komitmen hilirisasi industri mineral di Indonesia.

"Pada prinsipnya, Antam senantiasa terbuka terhadap peluang-peluang yang mendukung penguatan bisnis komoditas utama Antam dari hulu hingga ke hilir, yang diharapkan dapat memperkuat pertumbuhan kinerja positif perusahaan, serta berkontribusi kepada masyarakat," jelas Kunto.

Sebelumnya, Antam menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 2,84 triliun pada tahun ini. Belanja modal tahun ini paling besar untuk pengembangan usaha, salah satunya penyelesaian proyek pembangunan smelter di feronikel di Halmahera Timur.

Sampai saat ini proyek pembangunan smelter itu sudah mencapai 98 persen. Jika resmi beroperasi, maka kapasitas produksinya bisa meningkat 13.500 ton nikel dalam feronikel. Sehingga totalnya mencapai 40.500 ton.

Menurut Kunto, penyelesaikan proyek smelter feronikel di Halmahera Timur juga didorong proyeksi kebutuhan komoditas nikel semakin bagus, seiring dengan masifnya Indonesia memulai industri baterai kendaraan listrik.

Pada tahun ini Antam menargetkan produksi bijih nikel mencapai 8,44 juta wet metrik ton (WMT), naik dari realisasi produksi sepanjang 2020 sebesar 4,67 juta MWT.

"Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan bijih nikel di dalam negeri, seiring dengan aktivitas smelter domestik karena membaiknya industri dan harga komoditi," jelas Kunto.

https://money.kompas.com/read/2021/04/07/175154026/antam-bakal-pasok-bahan-baku-untuk-baterai-kendaraan-listrik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke