Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramadhan Ini BEI Luncurkan Indeks Saham Syariah BUMN

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, indeks terbaru ini nantinya akan diluncurkan pada saat Bulan Ramadhan tahun ini.

"Kita rencanakan diluncurkan pada 17 ramadhan atau bertepatan dengan 29 April yang akan datang itu adalah indeks IDX MES BUMN 17," katanya secara virtual dalam edukasi wartawan BEI, Rabu (7/4/2021).

Indeks terbaru tersebut konstituennya terdapat 17 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah diselektif oleh BEI dan tercatat di pasar bursa. Mulai dari sisi market sales, likuiditas maupun pengawasan.

"Di samping terseleksi juga dari sisi pengawasan. Berarti tidak ada catatan kewajaran transaksinya. Juga tidak ada catatan isu fundamental performancenya," ujarnya.

Lebih lanjut kata Hasan, BEI berencana untuk menerbitkan indeks saham syariah yang bertemakan environment, social, and good governance (ESG). Namun, indeks tersebut tidak akan diluncurkan tahun ini.

ESG syariah ini akan menjadi alternatif para investor untuk berinvestasi berbasis saham syariah.

Peta jalan atau road map wacana ESG syariah tersebut dipastikan tidak jauh berbeda dengan indeks-indeks keseluruhan yang ada saat ini. Karena terdapat sisi penjualan marketnya, dapat diisi tematik saham, serta rasio kinerja saham.

Selama masih dirancang ESG berbasis syariah tersebut, masih menggunakan ESG Leaders Index yang ditelah diluncurkan akhir tahun lalu.

"Kita ingin memberi waktu ke indeks baru, ESG Leaders Index yang terbit akhir tahun lalu. Nanti kita ingin ada ESG Syariah Leaders Index juga untuk melengkapi pilihan investasi alternatif berbasis saham syariah," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2021/04/08/054100526/ramadhan-ini-bei-luncurkan-indeks-saham-syariah-bumn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke