Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Indonesia: Penjualan Eceran Februari 2021 Membaik

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, perbaikan tersebut didorong oleh permintaan masyarakat yang meningkat saat Imlek dan libur nasional.

Hal itu terefeksikan dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2021 yang tumbuh -2,7 persen month to month (mtm) membaik dibandingkan dengan -4,3 persen mtm pada Januari 2021.

“Perbaikan terjadi pada sebagian besar kelompok barang, seperti bahan bakar kendaraan bermotor, perlengkapan rumah tangga lainnya, dan suku cadang dan aksesoris,” kata Erwin dalam keterangan tertulis, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut BI memprakirakan peningkatan kinerja penjualan eceran berlanjut pada Maret 2021. Hal itu tercermin dari IPR Maret 2021 yang diprakirakan tumbuh 2,9 persen.

“Sejalan dengan permintaan masyarakat yang meningkat di tengah cuaca yang mendukung,” ujar Erwin.

Sementara itu, secara tahunan, penjualan eceran diprakirakan membaik dan tumbuh sebesar -17,1 persen year on year (yoy) dari sebelumnya -18,1 persen yoy.

Perbaikan terjadi pada hampir seluruh kelompok komoditas yang disurvei, terutama kelompok barang lainnya, termasuk subkelompok sandang, kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, dan kelompok barang budaya dan rekreasi.

https://money.kompas.com/read/2021/04/12/111000626/bank-indonesia--penjualan-eceran-februari-2021-membaik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke