Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dibuka hingga 30 April, Ini Tahapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Terdapat delapan instansi sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran mahasiswa pada 2021. Adapun pendaftarannya memiliki beberapa tahapan.

Tahap pertama, pendaftaran Sekolah Kedinasan dilakukan pada laman dikdin.go.id. Namun sebelum melakukan pendaftaran, para pelamar diminta untuk membuat akun akses portal SSCASN di alamat sscasn.bkn.go.id dengan memilih menu registrasi.

Tahap kedua, pada menu registrasi, pelamar wajib mengisi data diri mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tanggal lahir, serta kabupaten/kota tempat KTP diterbitkan. Dalam pengisian identitas diri, para pendaftar diminta untuk cermat dan teliti, agar tidak ada kesalahan yang berdampak pada tidak lulusnya seorang pelamar.

Tahap ketiga, pendaftar juga diminta melengkapi data diri ditambah dengan mengatur password akun serta mengunggah pas foto.

Setelah kartu informasi akun SSCASN Dikdin 2021 dicetak, pelamar diminta login dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, pelamar diminta untuk melakukan swafoto dengan KTP dan kartu informasi akun yang telah dicetak.

Tahap keempat, pendaftar memilih sekolah kedinasan yang dituju, formasi, dan jurusan sesuai, pendidikan, serta asal sekolah dan provinsi asal sekolah. Kementerian PANRB kembali mengingatkan bahwa pelamar hanya bisa mendaftar pada satu sekolah kedinasan.

Tahap kelima, pendaftar juga wajib mengisi data yang diperlukan lainnya mulai nomor induk siswa nasional (NISN), nomor pokok sekolah dan ijazah serta nomor ijazah. Setelah itu, diminta mengunggah dokumen ijazah, KTP dan lainnya.

Tahap keenam, setelah dinyatakan lulus proses seleksi administrasi, peserta diminta mencetak kartu pendaftar akun Sekolah Kedinasan tahun 2021. Kartu tersebut harus dibawa saat tes berlangsung.

Berikut ini delapan sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran dan seleksi beserta jumlah kuota yang dibutuhkan:

https://money.kompas.com/read/2021/04/16/083000226/dibuka-hingga-30-april-ini-tahapan-pendaftaran-sekolah-kedinasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke