Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendiri Start Up Jaringan Bengkel Mobil Asal Indonesia Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Di dalam daftar tersebut, ada dua wajah pemuda Indonesia, yakni Joseph Alexander Ananto (26) dan Martin Reyhan Suryohusodo (23).

Keduanya merupakan pendiri dari sebuah perusahaan rintisan atau start up jaringan bengkel kendaraan, Otoklix.

Perusahaan yang berbasis di Jakarta tersebut mengembangkan sebuah platform digital yang menghubungkan pemilik kendaraan dengan bengkel kendaraan.

Otoklix yang beru berdiri dua tahun, kini telah menjadi pemain penting dalam pasar bengkel kendaraan di Indonesia.

Setidaknya, sudah ada 600 bengkel kendaraan yang ada di platform Otoklix dengan 10.000 mobil yang diservis dalam sebulan.

Otoklix pun memasang target yang cukup ambisius untuk tahun ini, yakni jumlah bengkel kendaraan yang ada di platform mereka akan meningkat menjadi 4.000 per Juni mendatang.

Dilansir dari Tech In Asia, Selasa (20/4/2021), Otoklix pada awal Desember tahun lalu baru saja mendapatkan pendanaan sebesar 2 juta dollar AS dari Sequoia Capital India.

Dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kerja sama dengan 500 bengkel, serta target kendaraan yang diservis pun meningkat menjadi 100.000 mobil per bulan.

"Sektor otomotif Indonesia, terutama untuk industri pelayanan paska pembelian, sangat terfragmentasi di Indonesia. Membuat konsumen pun cukup kesulitan untuk mendapatkan layanan karena terbatasnya informasi yang ada, Namun di sisi lain, hal itu menunjukkan, pasar ini relatif kurang populer dan memiliki potensi besar," ujar Martin kala itu.

Perusahaan mencatat, pada kisaran April hingga Oktober 2020 lalu, pendapatan Otoklix meningkat 13 kali lipat. Basis konsumen mereka pun tumbuh hingga 40 kali lipat di ksiaran waktu yang sama.

https://money.kompas.com/read/2021/04/20/205204226/pendiri-start-up-jaringan-bengkel-mobil-asal-indonesia-masuk-daftar-forbes-30

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke