Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Program WASH Diluncurkan Demi Normalisasi Sungai Citarum

Terbaru, Yayasan Senyum Untuk Negeri (SUN) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dan didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna), meluncurkan program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) 2021.

Program WASH ini bertujuan untuk meningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan dengan menyediakan akses air bersih, sanitasi yang sehat, kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta perbaikan lingkungan.

Peresmian Program WASH 2021 ini ditandai dengan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum secara simbolis oleh para peserta kegiatan.

Kegiatan peresmian ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi dan turut dihadiri oleh pemerintahan Kabupaten Karawang, perwakilan Yayasan Senyum Untuk Negeri yang didukung oleh Sampoerna.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan, yang membuka peluncuran program tersebut sedikit menjabarkan tentang tujuan pelaksanaan program WASH ini.

“Dalam memperingati Hari Bumi, dan upaya penghijauan wilayah Kabupaten Karawang juga melihat situasi pasca banjir yang lalu, maka kita fokuskan penanaman ini dibantaran Sungai Citarum dalam upaya normalisasi Sungai Citarum Harum ini” ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat (23/4/2021).

Melalui program WASH, Yayasan SUN berupaya melakukan penghijauan dan meningkatkan serapan air di pinggiran Sungai Citarum dengan penanaman tanaman vertiver.

Lebih dari itu, program WASH juga akan fokus memberikan edukasi edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) serta fasilitas MCK komunal, fasilitasi sanitasi air, dan hidroponik di Kabupaten Karawang.

Menurut Chief Networking Officer Yayasan SUN Saefrudin, program ini berjalan menggunakan pendekatan multi-stakeholder, atau dengan mempertimbangkan ragam pemangku kepentingan di sekitar.

Program ini juga mengikuti standar sertifikasi pemeliharaan berkelanjutan dari Aliansi Wali Sumber Daya Air (Alliance for Water Stewardship).

Keterlibatan Sampoerna Bersama Yayasan SUN dan program WASH sebagai komitmen tanggung jawab sosial perusahaan di bawah payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia.

Melalui program WASH, Sampoerna berharap dapat turut mendukung peningkatan kualitas udara dan sanitasi di Kabupaten Karawang, serta penghijauan yang lebih luas untuk mencegah erosi di bantaran sungai Citarum.

“Senyum Untuk Negeri dengan dukungan Sampoerna Untuk Indonesia berkomitmen penanaman akan berlanjut hingga mencapai total 10.000 pohon sepanjang bantaran sungai Citarum, guna upaya penghijauan bantaran sungai, mohon bantuan warga sekitar untuk merawat bersama pohon yang telah di tanam,” jelas Saefrudin.

https://money.kompas.com/read/2021/04/23/205740026/program-wash-diluncurkan-demi-normalisasi-sungai-citarum

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke