Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal PayLater Online Shop yang Jadi Pesaing Kartu Kredit

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari tahun ke tahun, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai terbiasa dengan aktivitas berbelanja online. Dengan hanya bermodalkan telepon pintar, barang yang diinginkan bisa datang langsung diantar ke tangan pembeli.

Beberapa marketplace kini sudah menyediakan skema pembayaran belanja online yang semakin beragam, memanjakan, dan memudahkan. Salah satunya dengan membayar secara kredit atau dibayar kemudian (PayLater).

Fitur PayLater ini memungkinkan para pembeli toko online untuk ngutang terlebih dahulu saat akan melakukan checkout, istilah dalam berbelanja daring saat pembeli memutuskan membeli barang yang diinginkan atau sudah disimpan di keranjang belanja.

Penggunaan PayLater juga tak membutuhkan jaminan. Skema berbelanja dengan membayar di kemudian hari ini bisa dibilang hampir serupa dengan berbelanja dengan kartu kredit.

Setelah melakukan transaksi pembelian menggunakan PayLater, nantinya pembeli diwajibkan untuk membayar tagihan sesuai dengan periode cicilan yang dipilih saat melakukan transaksi pembayaran di aplikasi online shop.

Shopee PayLater

Salah satu fitur PayLater yang cukup populer di Tanah Air adalah Shopee PayLater yang merupakan metode pembayaran yang dikembangkan Shopee Indonesia. Pesaing Shopee di Indonesia, Tokopedia, juga meluncurkan produk PayLater serupa yakni OVO PayLater.  

Dikutip dari laman resmi Shopee Indonesia, marketplace ini menawarkan keuntungan dalam bentuk pinjaman dana instan dengan bunga yang sangat minim kepada para pengguna aktif di aplikasi Shopee.

Nantinya, setiap pengguna aktif yang terpilih akan mendapatkan limit kredit yang nilainya disesuaikan dengan seberapa tinggi tingkat transaksi pembelian.

Jadi, semakin sering berbelanja di Shopee, limit kredit dari Shopee PayLater yang akan diterima juga semakin besar. Untuk saat ini, limit kredit yang tersedia di Shopee mulai dari Rp 750 ribu – Rp 1,8 juta.

Mirip seperti metode pembayaran melalui kartu kredit, setelah melakukan transaksi pembelian menggunakan Shopee PayLater, nantinya pembeli diwajibkan untuk membayar tagihan sesuai dengan periode cicilan yang dipilih saat melakukan transaksi pembayaran di aplikasi Shopee.

Klaim Shopee, fitur Shopee PayLater menawarkan kredit bunga yang sangat minim jadi pembeli tidak harus khawatir tagihan saat melakukan pelunasan cicilan.

Berbeda dengan metode ShopeePay yang dapat Anda aktifkan secara otomatif, untuk saat ini metode pembayaran melalui Shopee PayLater hanya dapat dinikmati oleh para pengguna aktif aplikasi Shopee yang dianggap memenuhi syarat untuk menggunakan Shopee PayLater.

Berikut syarat untuk menggunakan kredit Shopee PayLater:

https://money.kompas.com/read/2021/04/24/120300526/mengenal-paylater-online-shop-yang-jadi-pesaing-kartu-kredit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke