Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Investasi Tesla, BKPM: Doakan, Potensinya Selalu Ada

Kini, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi masih terus melakukan komunikasi terus-menerus dengan pihak Tesla demi melanggengkan jalan investasi tersebut.

"Tesla ini sedang dilakukan komunikasi oleh Kemenko Marves dan mereka masih melakukan terus-menerus. Dan berapa potensinya? Insya Allah doakan, potensinya selalu ada," kata Bahlil dalam konferensi daring, Senin (26/4/2021).

Bahlil menuturkan, informasi detail mengenai investasi Tesla bakal disampaikan oleh Kemenko Marves. Pasalnya, Kemenko Marves akan lebih pasti mengetahui perkembangan investasi Tesla dari hari ke hari.

"Detailnya nanti disampaikan oleh Kemenko karena memang day to day-nya di sana. Tapi doakan masih ada harapan dan optimisme untuk bisa Tesla masuk ke Indonesia," sebut Bahlil.

Sebelumnya diberitakan, Tesla sudah merencanakan kunjungan ke Indonesia pada Januari 2020 untuk membahas mekanisme investasi.

Sayangnya, rencana tersebut mundur dan investasi menemui jalan buntu. Kabar terakhir Tesla lebih memilih membangun pabrik terbarunya di India ketimbang Indonesia.

Namun Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hari Setio memastikan negosiasi dengan Tesla tetap berjalan.

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut tertarik di bidang Energy Storage System (ESS), bukan pendirian pabrik perakitan untuk kendaraan bermotor.

ESS merupakan bagian dari proyek rantai pasok ekosistem industri baterai di Indonesia. Kerjanya seperti power bank dengan giga baterai skala besar yang mampu menyimpan tenaga listrik besar hingga ratusan megawatt (MW).

"Tesla kami masih berlangsung pembicaraannya, saya tidak bisa bicara detail. Saya mau klarifikasi, kami tidak pernah bicara sama mereka terkait pabrik mobil," ujar Septian dalam webinar "Indonesia at the Forefront of the Battery and Storage Revolution", Senin (8/3/2021).

https://money.kompas.com/read/2021/04/26/143300926/soal-investasi-tesla-bkpm--doakan-potensinya-selalu-ada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke