Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenperin Optimistis Permintaan Produk Pakaian Jadi Dalam Negeri Meningkat di 2021

Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kementerian Perindustrian Elis Masitoh mengatakan optimisme ini karena pasar tradisional hingga pasar modern di Tanah Air sudah banyak yang beroperasi.

"Kalau dibandingkan dengan tahun 2019-2020 memang cukup parah, pasar dan mal ditutup. Sementara di tahun ini, pasar Tanah Abang serta mal-mal sudah dibuka, tukang jahit juga tidak tutup, mudah-mudahan bisa meningkatkan permintaan dalam negeri akan produk pakaian jadi di masing-masing wilayah," ujarnya saat jumpa pers, Senin (26/4/2021).

Sementara itu terkait adanya larangan mudik oleh pemerintah, menurutnya tetap akan memiliki pengaruh terhadap permintaan industri ini.

Walaupun begitu, dia menilai, tingkat pengaruhnya tidak terlalu besar jika dibandingkan tahun lalu.

"Kalau tahun lalu bersilahturahmi di Jabodetabek aja enggak bisa, kalau sekarang bisa walau hanya untuk di sekitaran, sudah ada pelonggaran jika dibandingkan tahun lalu," ungkapnya.

Belum lagi, kata dia, orang-orang yang memiliki kemampuan finansial yang baik, rata-rata berasal dari pulau Jawa.

"Orang-orang yang punya uang itu di Jawa, justru mereka akan tetap membelanjakannya di sini," ungkap dia.

Dia juga mengakui, walaupun tahun 2019-2020 transaksi pembelian untuk sektor ini didongkrak oleh transkasi online, namun kontribusi angkanya terhadap permintaan produk pakain jadi hanya sedikit.

"Kami lihat hanya 10 persen transaksi online mendongkrak penjualan, jadi memang pendongkrak terbesar itu hanya pasar ofline," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/04/27/184235026/kemenperin-optimistis-permintaan-produk-pakaian-jadi-dalam-negeri-meningkat-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke