Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

RNI Beberkan Alasan Dibentuknya Holding BUMN Pangan

"Pertama adalah saat ini tingkat ketahanan pangan kita masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan Global Food Index, angkanya 62 dari 113 negara," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, Kamis (29/4/2021).

Alasan kedua yakni adanya beberapa isu terkait peningkatan inklusivitas kesejahteraan para petani, nelayan hingga peternak. Dengan adanya holding ini, kata dia, diharapkan kesejahteraan para petani, nelayan, dan peternak bisa ditingkatkan yang diukur dengan nilai tukar pangan.

Sementara alasan dibentuknya holding pangan BUMN yakni perlunya operational excellence dan modernisasi teknologi.

Menurut Arief, pembentukan holding diharapkan bisa meningkatkan ketahanan pangan dan hasil pertanian, perikanan, peternakan melalui penambahan luas lahan.

"Lalu kami juga akan melakukan peningkatan kemitraan, melakukan transparansi harga, serta penurunan biaya logistik melalui konsolidasi supplai chain," kata dia.

Pembentukan holding BUMN pangan akan terdiri dari PT RNI (Persero), PT PPI (Persero), Perum Perikanan Indonesia, PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Garam (Persero), PT Pertani (Persero), PT BGR Logistics (Persero), PT Berdikari (Persero), dan PT Sang Hyang Seri (Persero).

RNI berharap pembentukan ini bisa terealisasi pada kuartal III tahun ini.

https://money.kompas.com/read/2021/04/29/160947626/rni-beberkan-alasan-dibentuknya-holding-bumn-pangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke