Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei IDEAS: 97,6 Persen Keluarga Miskin Patuh Protokol Kesehatan Selama Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) memotret kehidupan keluarga miskin selama masa pandemi Covid-19.

Direktur IDEAS Yusuf Wibisono mengatakan, berdasarkan hasil penelitian IDEAS, keluarga miskin sangat patuh terhadap protokol kesehatan yang berlaku.

Tercatat, ada sebanyak 97,6 persen responden yang mengaku mematuhi protokol kesehatan dan hanya 2,4 persen responden yang mengaku tidak patuh protokol kesehatan.

"Dari hasil tersebut kami melihat dengan patuhnya masyarakat akan prokes membuat mereka tidak terkena Covid-19. 99,4 persen responden kami mengaku bahwa anggota keluarganya tidak terkena Covid-19 sama sekali, kalaupun kena, mereka mengakunya hanya sebatas isolasi mandiri saja, tidak terlalu parah," ujar Yusuf dalam pemaparan hasil riset secara virtual, Jumat (30/4/2021).

Yususf membeberkan, protokol kesehatan yang dipatuhi keluarga miskin yakni memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, hingga memakai face shield.

"Hanya saja dari jenis protokol kesehatan yang dipatuhi, keluarga miskin paling sulit untuk mematuhi prokes tidak berkerumun. Sementara prokes yang paling mereka patuhi adalah memakai masker dengan persentase sebanyak 97,1 persen," ungkap dia.

Perlu diketahui, survei ini dilakukan kepada 1.013 kepala keluarga miskin yang diselenggarakan sepanjang 7 Januari-11 Februari 2021.

Metode yang digunakan dalam survei ini adalah wawancara tatap muka dengan kuesioner semi terbuka untuk mendapatkan data dari responden.

https://money.kompas.com/read/2021/04/30/120507326/survei-ideas-976-persen-keluarga-miskin-patuh-protokol-kesehatan-selama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke