Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KURASI KOMPASIANA] Menjaga Motor agar Tak Mudah Dicuri | Siang Bolong di Bulan Ramadhan, Tren Curanmor Sasar Parkiran Toko

KOMPASIANA---Maraknya pencurian motor atau curanmor semakin meningkat, terutama di bulan puasa dan jelang lebaran.

Tidak tanggung-tanggung bahkan pencurian motor tidak hanya terjadi saat malam hari, bahkan tidak menutup kemungkinan siang hari pun para pencuri nekat menjalankan aksinya.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi pencurian motor, tentunya pemilik motor harus meningkatkan standar keamanan.

Berikut, konten-konten menarik dan populer di Kompasiana mengenai kiat-kiat yang dapat dilakukan pemilik motor agar terhidar dari pencurian motor:

1. Waspada Curanmor, Begini Tips Menjaga Motor agar Tak Mudah Dicuri

Pencurian motor perlu diwaspadai, bahkan meski antisipasi sudah diterapkan oleh pemilik motor, pengamanan ganda pun tetap perlu dilakukan.

Pasalnya, kini semakin banyak sepeda motor yang menjadi sasaran empuk para pencuri motor. Bahkan, kini maling motor nampak tak pernah kehabisan cara untuk melancarkan aksinya.

Kompasianer David Abdullah membagikan pengalamannya sekitar tahun 2009 silam, yang mana motor milik temannya berjenis matik dibobol pencuri pada siang hari di area permukiman Jalan Kerto Pamuji, Malang.

Menurut paparannya, aksi pembobolan motor sangat cepat, pasalnya baru dua menit setelah diparkir dan dimasukan ke rumah kos, motor pun raib. Setelah kejadian tersebut, ia pun melaporkannya pada polisi.

Polisi pun mengatakan bahwa sepeda motor matik adalah target favorit dari pelaku curanmor. Selain karena lebih mudah dibobol, popularitas matik memang sedang tinggi-tingginya sehingga akan lebih mudah dijual di pasaran. (Baca selengkapnya)

2. Tips Sederhana dari Curanmor

Pencurian kendaraan bermotor atau yang biasa disebut dengan curanmor dapat terjadi kapan dan di mana saja.

Bahkan, kini pencurian motor tidak hanya menyasar tempat sepi, melainkan juga tempat ramai seperti toko, pasar, dan tempat parkir.

Meski sudah ada tukang parkir, nyatanya belum menjamin bahwa kendaraan aman dari aksi pencurian.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diingkan, pemiliki motor dapat melakukan pengamanan tambahan.

Menurut Kompasianer Samhudi Bhai setidaknya terdapat 3 tip sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga motor Anda tetap aman. Selengkapnya dapat Anda baca di sini.

3. Siang Bolong di Bulan Ramadan, Tren Curanmor Sasar Parkiran Toko

Pencurian sepeda motor kembali marak di bulan Ramadan ini. Bahkan tak tanggung-tanggung, pelaku nekat melancarkan aksinya di parkiran toko yang sedang ramai orang di siang hari bolong.

Setidaknya dua kejadian di Cibinong, Kabupaten Bogor dan di Kota Depok, Sabtu, 17 April 2021 lalu bisa menjadi pelajaran.

Meski berada di kawasan yang ramai dan tukang parkir berada di sekitar lokasi, antisipasi juga tetap perlu dilakukan.

Kompasianer Widi Kurniawan mengatakan bahwa pemilik sepeda motor tidak bisa mengandalkan keberadaan tukang parkir semata. Perlu antisipasi lebih agar sepeda motor yang kita parkir di tempat umum bisa aman. (Baca selengkapnya)

***

Silakan ikuti konten-konten terkait lewat Topik Pilihan Kompasiana: Waspada Curanmor. (FIN)

https://money.kompas.com/read/2021/05/01/171700426/-kurasi-kompasiana-menjaga-motor-agar-tak-mudah-dicuri-siang-bolong-di-bulan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke