Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Buka Rekening BCA secara Online, Tak Perlu ke Kantor Cabang

Tak hanya untuk transaksi saja, bahkan kini membuka rekening bank sudah bisa dilakukan dengan platform digital.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan pembukaan rekening secara online melalui aplikasi BCA Mobile.

Dengan demikian, masyarakat yang ingin memiliki rekening BCA tidak perlu datang ke kantor cabang lagi.

Dikutip dari laman resmi bca.co.id, tabungan yang dapat dibuka lewat BCA Mobile yakni Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Nantinya, buku tabungan atau Kartu Paspor BCA bisa diambil melalui CS Digital setelah tabungan BCA atau rekening berhasil dibuat.
Untuk lebih jelas mengenai cara membuka rekening BCA secara online, simak tahapan berikut:

1. Download atau mengunduh aplikasi BCA Mobile

Calon nasabah bisa mengunduh aplikasi BCA Mobile melalui PlayStore di smartphone yang dimiliki.
Selain itu, nasabah juga perlu memastikan nomor handphone yang nantinya akan didaftarkan belum pernah digunakan untuk BCA Mobile sebelumnya. Sebab, nomor yang akan digunakan dalam proses registrasi adalah yang terpasang di handphone calon nasabah yang bersangkutan.

2. Buat rekening BCA Mobile

Setelah berhasil mengunduh dan membuka aplikasi BCA Mobile, nasabah bisa memilih opsi buka rekening yang terdapat pada halaman depan aplikasi tersebut.
Untuk bisa mendaftarkan rekening atau akun BCA Mobile, maka nasabah perlu menyiapkan beberapa dokumen yakni:

3. Pilih jenis tabungan

Nasabah dapat memilih jenis tabungan sesuai dengan kebutuhan, yakni tabungan Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, dan Tahapan Gold.

Untuk Tahapan BCA, setoran awal untuk membuka rekening sebesar Rp 500.000, dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000. Kemudian untuk Tahapan Xpresi setoran awal untuk membuka rekening sebesar Rp 50.000 dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 50.000.

Sementara, Tahapan Gold diperuntukkan bagi pelaku usaha atau yayasan dengan setoran awal sebesar Rp 10 juta.

4. Membuat kode akses

Setelah memilih jenis tabungan, nasabah akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone. Untuk itu, nasabah akan diminta mengirimkan SMS melalui aplikasi. Proses tersebut akan dikenakan biaya SMS.

Setelah melalui proses verifikasi, nasabah akan diminta untuk membuat kode akses. Pastikan untuk selali mengingat kode akses Anda. Kode akses tersbeut digunakan untuk masuk kembali ke menu Buka Rekening Baru dan m-BCA.

5. Melengkapi dokumen yang diperlukan

Selanjutnya, nasabah akan diminta untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut berupa foto kartu e-KTP, foto diri, tanda tangan, hingga NPWP.

Ketika mengambil gambar dari masing-masing dokumen pastikan sudah sesuai dengan yang diinstruksikan di dalam aplikasi.

Untuk foto diri, pastikan wajah harus terlihat jelas, tidak memakai kacamata, topi, perban, atau barang lain yang menutupi wajah.

6. Melengkapi informasi pribadi

Selanjutnya, nasabah akan diminta melengkapi informasi pribadi seperti tujuan membuka rekening, data nama ibu kandung, status perkawinan, agama, hingga status tempat tinggal.
Nasabah juga akan dimintai informasi mengenai pekerjaan.

7. Memilih kartu

Setelah seluruh data informasi pribadi lengkap diisi, maka nasabah askan diminta untuk memilih kartu yang diinginkan. Setiap kartu memiliki kelebihan masing-masing seperti limit tarik tunai dan limit transfer antar BCA dengan biaya administrasi yang beragam.
Pastikan Anda memilih kartu sesuai dengan yang Anda butuhkan.

8. Memilih cabang rekening terdaftar

Nasabah akan diminta untuk memasukkan alamat email untuk keperluan internet banking dan selanjutnya diminta memilih alamat kantor cabang terdekat untuk pengambilan kartu debit.

Namun demikian, pengambilan kartu tidak harus dilakukan saat hari pendaftaran. Sebab, nasabah bisa menggunakan fitur atau layanan BCA seperti transfer, mengambil uang di ATM tanpa kartu debit.

9. Video call verifikasi data

Setelah nasabah mengonfirmasi data-data yang sebelumnya sudah diisi, maka akan masuk ke tahapan video call untuk verifikasi data.

Video call dengan layanan customer service BCA tersebut akan memakan waktu kurang lebih lima menit. Selain itu, dibutuhkan jaringat internet yang stabil. Layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

10. Aktivasi Mobile Banking

Langkah terakhir sebelum akhirnya Anda memiliki rekening BCA dan layanan mobile banking bisa digunakan, Anda perlu melakukan aktivasi. Untuk itu, Anda juga perlu membuat PIN sebagai langkah aktivasi mobile dan internet banking. Bila sudah membuat PIN berupa enam digit angka, maka rekening dan mobile banking BCA Anda sudah siap digunakan.

Demikian langkah-langkah membuka rekening BCA secara online. Mudah bukan?

https://money.kompas.com/read/2021/05/01/200000426/cara-buka-rekening-bca-secara-online-tak-perlu-ke-kantor-cabang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke