Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

19 Istilah Populer Jual Beli Online: COD, PCB, Afgan, PLN, hingga DM

JAKARTA, KOMPAS.com - Jual beli online semakin marak dilakukan di Indonesia, baik lewat e-commerce, forum jual beli online, dan media sosial. Bahkan tak jarang, barang yang dijual online jauh lebih murah ketimbang membelinya langsung di toko fisik.

Transaksi daring juga sangat praktis dilakukan, tinggal buka smartphone, memilih barang dan metode pembayaran, lalu barang akan diantar sampai ke pintu rumah.

Pembeli barang secara online mungkin sering bertemu dengan berbagai istilah atau singkatan yang diberikan pada deskripsi produk tersebut.

Buat yang masih awam dan kurang familiar, pasti bakal kebingungan dengan maksud dari istilah-istilah tersebut.

Nah berikut ini 15 istilah jual beli online yang seringkali digunakan:

1. COD

COD merupakan singkatan dari cash on delivery. Awalnya, COD adalah transaksi yang mengharuskan pertemuan antara pembeli dan penjual di tempat dan waktu yang sudah disepakati.

Transaksi sendiri awalnya bisa berawal dari unggahan di media sosial maupun situs dan aplikasi jual beli online.

Penjual akan membawa barang fisik untuk diperlihatkan kepada calon pembeli. Setelah pembeli melihat dan memeriksa barang yang dipesannya sesuai, maka pembeli akan membayar sesuai harga yang disepakati.

Kendati demikian, saat ini arti COD sudah bergeser. Dalam konteks jual beli online di marketplace, COD artinya tak lagi hanya berupa pertemuan langsung antara penjual dan pembeli.

Dalam marketplace, COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli. Dengan kata lain, COD artinya pilihan metode pembayaran yang mana penjual diwakili oleh kurir ekspedisi.

2. Pre order (PO)

Pre order atau PO adalah istilah ketika pembeli online harus menunggu barang siap dikirim dalam beberapa hari. Dalam marketplace, pembeli akan membayar terlebih dahulu.

Barang baru akan dikirim setelah siap, biasanya maksimal PO adalah tujuh hari. PO diterapkan untuk produk yang sulit didapat atau produk yang sifatnya custom alias dibuat sesuai dengan permintaan pembeli.

3. Testi

Testi merupakan kependekan dari testimoni, yakni respon kepuasan dari pembeli mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh penjual.

Testimoni ini biasanya digunakan para penjual supaya calon costumer agar lebih percaya akan produk atau jasa mereka.

Dalam marketplace, testi akan ditulis dalam kolom review. Semakin banyak testi yang positif, maka semakin besar pula peluang produk tersebut mudah terjual.

4. Ready stock

Ready stock adalah istilah penjual untuk meyakinkan pembeli bahwa stok barang atau produk tersebut dalam keadaan mencukupi.

Dengan kata lain, dengan mencantumkan keterangan ready stock, pembeli tak perlu lagi bertanya apakah produk saat ini tersedia atau tidak.

Dengan penjelasan ready stock pula, pembeli tak perlu menunggu barang siap. Sehingga produk bisa langsung dikirim ke alamat pembeli saat itu juga setelah transaksi pembayaran dilakukan.

5. DM atau PM

DM atau direct message adalah percakapan pribadi antara penjual dan pembeli, yang membicarakan mengenai produk yang akan dijual dan dibeli. DM juga biasa dikenal dengan PM atau private message.

Lewat PM atau DM, pembeli bebas bertanya apa pun kepada penjual barang online, mulai dari kualitas barang, potongan harga, kekurangan produk, pengirimannya, dan sebagainya.

6. Slow respon

Slow respon adalah istilah yang diberikan untuk penjual online yang tidak tanggap atau cepat dalam membalas pertanyaan pembeli, baik melalui chat (DM/PM) ataupun di forum diskusi.

Perusahaan marketplace saat ini sudah memiliki sistem kecepatan yang menghitung seberapa cepat penjual online membalas chat yang dikirim pembeli. Semakin cepat chat dibalas, semakin bagus pula penilaian terhadap toko.

7. PCB

PCB adalah singkatan dari pantau cocok bayar. Artinya, calon pembeli diharapkan datang langsung ke lokasi yang ditetapkan oleh penjual.

Berbeda dengan COD yang lokasi pertemuan ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penjual dan pembeli, penentuan lokasi PCB sepenuhnya ditentukan oleh penjual.

Dengan PCB, penjual tak perlu repot-repot pergi ke tempat yang sudah disepakati. Ia hanya perlu menunggu pembeli datang untuk melihat barang yang ditawarkan.

Jika pembeli sudah datang untuk melihat produknya, kemudian dirasa cocok, maka pembayaran bisa dilakukan saat itu juga dan barang bisa dibawa oleh pembeli.

8. WTS dan WTB

WTS adalah kependekan dari want to sell. Artinya, ada seseorang yang ingin menjual barangnya, biasanya dilakukan di forum jual beli.

Kebalikan dari WTS adalah WTB atau want to buy. WTB adalah istilah bagi orang yang ingin membeli atau mencari barang secara online.

9. DP

DP adalah istilah yang mungkin sudah tak asing lagi. DP merupakan singkatan dari Down Payment alias uang muka.

DP artinya penjual mewajibkan pembeli untuk membayarkan uang muka, biasanya digunakan sebagai penguat komitmen atau agar barang tidak dijual ke pihak lain terlebih dahulu.

10. No afgan dan sadis

No afgan adalah istilah di mana penjual tidak menerima pembeli yang menawar barang terlalu rendah. Penjual tetap membuka tawar menawar, namun dengan selisih yang tidak terlalu jauh.

Istilah no afgan sendiri diambil dari penyanyi terkenal Afgan yang mempopulerkan lagu berjudul Sadis. Sadis adalah istilah yang biasa dipakai untuk menawar barang terlalu rendah dari harga awal.

Kebalikan dari sadis adalah nego tipis, yakni permintaan dari penjual agar menawar sewajarnya. 

11. Tijek

Tijek adalah kependekan dari mati pajek atau mati majak. Tijek biasanya hanya digunakan untuk jual beli kendaraan online, baik mobil atau motor.

Sebagai contoh, penjual menulis deskripsi "tijek 2". Artinya kendaraan yang ditawarkan pajaknya belum dibayarkan selama 2 tahun.

12. TS

TS adalah istilah yang digunakan oleh orang yang pertama kali memposting penawaran barang. TS lazim dipakai dalam jual beli online di media sosial dan forum jual beli online. Istilah TS diambil dari thread starter. 

13. Net

Nett adalah istilah yang digunakan terhadap harga suatu barang yang sudah pas menurut penjual dan tidak bisa ditawar lagi. Dengan menambah deskripsi net, penjual menolak pembeli untuk menawar barang.

14. A dan B

A dan B adalah istilah yang lazim digunakan untuk jual beli hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. A merujuk pada angka Rp 100.000. Sementara B adalah istilah untuk nominal Rp 50.000.

Jika seorang menyebutkan harga A2, maka harga yang ditawarkan adalah Rp 200.000. Kemudian jika penjual menulis A3B1 artinya Rp 350.000. Istilah lain yang kerap digunakan dalam jual beli hewan peliharaan adalah ganti pakan, merujuk pada uang yang harus dibayarkan kepada pemilik lama. 

15. Mahar

Mahar adalah istilah lain dari harga yang ditawarkan atau harga yang diminta penjual. 

16. Kaleng

Kaleng adalah istilah yang biasa digunakan dalam jual beli mobil bekas. Kaleng artinya bodi mobilnya tidak menggunakan dempul tebal alias masih orisinal dari pabriknya.

Sehingga saat diketuk dengan jari, bunyinya masih terasa seperti kaleng tipis. Mobil yang tidak kaleng artinya sudah didempul ulang, baik dicat baru atau untuk menyamarkan bekas tabrakan.

17. PLN 

Sama halnya dengan kaleng, PLN adalah istilah umum dalam jual beli kendaraan. PLN sendiri bukan artinya sistem kelistrikan pada kendaraan, namun merupakan kependekan dari pelat nomor yang berarti merujuk pada status pajak tahunan. 

Saat penjual menyebut PLN on, artinya pajak kendaraan masih hidup atau pajaknya dibayarkan rutin oleh pemiliknya. Sebaliknya PLN off adalah istilah kendaraan yang dijual ketika pajaknya sudah mati.

18. Preloved

Preloved adalah istilah untuk menyebut kondisi barang bekas atau barang second, terutama pakaian. Preloved mengandung barang bekas yang dijual masih dalam kondisi sangat baik. 

19. BNIP

BNIB adalah singkatan dari brand new in box. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan barang yang masih berada dalam box, masih bersegel, belum pernah dibuka. Biasanya penjual yang menggunakan istilah ini adalah mereka yang menjual barang elektronik.

https://money.kompas.com/read/2021/05/02/083550726/19-istilah-populer-jual-beli-online-cod-pcb-afgan-pln-hingga-dm

Terkini Lainnya

Ekonomi China Diprediksi Menguat pada Maret 2024, tetapi...

Ekonomi China Diprediksi Menguat pada Maret 2024, tetapi...

Whats New
Berbagi Saat Ramadhan, Mandiri Group Berikan Santunan untuk 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Berbagi Saat Ramadhan, Mandiri Group Berikan Santunan untuk 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Whats New
Tarif Promo LRT Jabodebek Diperpanjang Sampai Mei, DJKA Ungkap Alasannya

Tarif Promo LRT Jabodebek Diperpanjang Sampai Mei, DJKA Ungkap Alasannya

Whats New
Bisnis Pakaian Bekas Impor Marak Lagi, Mendag Zulhas Mau Selidiki

Bisnis Pakaian Bekas Impor Marak Lagi, Mendag Zulhas Mau Selidiki

Whats New
Cara Reaktivasi Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan

Cara Reaktivasi Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan

Work Smart
Kehabisan Tiket Kereta Api? Coba Fitur Ini

Kehabisan Tiket Kereta Api? Coba Fitur Ini

Whats New
Badan Bank Tanah Siapkan Lahan 1.873 Hektar untuk Reforma Agraria

Badan Bank Tanah Siapkan Lahan 1.873 Hektar untuk Reforma Agraria

Whats New
Dukung Pembangunan Nasional, Pelindo Terminal Petikemas Setor Rp 1,51 Triliun kepada Negara

Dukung Pembangunan Nasional, Pelindo Terminal Petikemas Setor Rp 1,51 Triliun kepada Negara

Whats New
Komersialisasi Gas di Indonesia Lebih Menantang Ketimbang Minyak, Ini Penjelasan SKK Migas

Komersialisasi Gas di Indonesia Lebih Menantang Ketimbang Minyak, Ini Penjelasan SKK Migas

Whats New
Mulai Mei 2024, Dana Perkebunan Sawit Rakyat Naik Jadi Rp 60 Juta Per Hektar

Mulai Mei 2024, Dana Perkebunan Sawit Rakyat Naik Jadi Rp 60 Juta Per Hektar

Whats New
KA Argo Bromo Anggrek Pakai Kereta Eksekutif New Generation per 29 Maret

KA Argo Bromo Anggrek Pakai Kereta Eksekutif New Generation per 29 Maret

Whats New
Mudik Lebaran 2024, Bocoran BPJT: Ada Diskon Tarif Tol Maksimal 20 Persen

Mudik Lebaran 2024, Bocoran BPJT: Ada Diskon Tarif Tol Maksimal 20 Persen

Whats New
Jumlah Investor Kripto RI Capai 19 Juta, Pasar Kripto Nasional Dinilai Semakin Matang

Jumlah Investor Kripto RI Capai 19 Juta, Pasar Kripto Nasional Dinilai Semakin Matang

Whats New
Libur Lebaran, Injourney Proyeksi Jumlah Penumpang Pesawat Capai 7,9 Juta Orang

Libur Lebaran, Injourney Proyeksi Jumlah Penumpang Pesawat Capai 7,9 Juta Orang

Whats New
Program Peremajaan Sawit Rakyat Tidak Pernah Capai Target

Program Peremajaan Sawit Rakyat Tidak Pernah Capai Target

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke