Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkom Targetkan Perbaikan Kabel Fiber Optic Biak-Jayapura Rampung Awal Juni

KOMPAS.com – Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Pujo Pramono mengatakan, perbaikan pada putusnya kabel laut fiber optic ruas Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ditargetkan selesai pada minggu pertama Juni 2021.

“Kami akan terus mengupayakan dan memprioritaskan percepatan agar kualitas layanan bisa segera kembali normal. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar proses recovery dapat berjalan lancar," ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/5/2021).

Seperti diketahui, sistem komunikasi kabel laut SMPCS ruas Biak–Jayapura di dasar laut  terputus. Ruas kabel ini berjarak 280 kilometer (km) dari Biak dan 360 kilometer (km) dari Jayapura.

Penyebab putusnya kabel laut fiber optic tersebut diduga karena faktor alam. Namun, karena lokasi terputusnya kabel berada di kedalaman 4.050 meter (m), Telkom baru dapat melakukan identifikasi lebih lanjut setelah pengangkatan kabel dari laut.

Akibat dari kerusakan kabel laut sendiri membuat layanan di wilayah Jayapura mengalami gangguan pada Jumat (30/4/2021). Guna mengatasi hal ini, Telkom masih mengupayakan percepatan pemulihan layanan.

“Setelah layanan suara dan Short Message Service (SMS) sudah beroperasi normal, layanan internet IndiHome saat ini sudah mulai pulih secara bertahap dan terbatas. Begitu pula dengan layanan data Telkomsel,” ujar Pujo di Jakarta.

Selain itu, lanjut dia, layanan internet di Wifi Corner di Jayapura, Abepura, dan Sentani sudah kembali beroperasi dan dapat digunakan masyarakat.

Sementara itu, untuk VPN dan Astinet bagi segmen korporat sudah mulai terhubung kembali secara bertahap dengan prioritas bandwidth.

Pujo mengaku, kapasitas bandwidth Telkom yang tersedia saat ini sudah mencapai 1.493 Megabit per second (Mbps). Telkom menggunakan link backup untuk mempercepat pemulihan layanan ini.

Adapun link back up dimaksud, yakni infrastruktur Palapa Ring Timur sebesar 500 Mbps yang beroperasi sejak Jumat (30/4/2021).

Kemudian, link back up sistem komunikasi satelit dengan kapasitas hingga 993 Mbps, naik melalui satelit di bawah pengelolaan Telkomsat untuk link Jayapura-Makassar maupun link satelit Telenet.

“Kapasitas bandwidth pun sedang dalam proses untuk ditingkatkan melalui satelit dari Telkomsat dengan kapasitas 124 Mbps dan 330 Mbps. Begitu pula radio IP menuju Biak dengan kapasitas mencapai 1 Gigabits per second (Gbps). Semua sistem tersebut ditargetkan selesai secara bertahap hingga Sabtu (8/5/2021),” jelas Pujo.

https://money.kompas.com/read/2021/05/05/202400126/telkom-targetkan-perbaikan-kabel-fiber-optic-biak-jayapura-rampung-awal-juni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke