Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Pertama Larangan Mudik, Kemenhub Klaim Pergerakan Transportasi Terkendali

“Berdasarkan hasil pemantauan pengendalian transportasi di hari pertama kemarin, jumlah pergerakan transportasi dan penumpang baik di transportasi darat, laut, dan udara, dan kereta api menurun cukup signifikan dibanding sebelum masa larangan," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Pada transportasi darat, tercatat penumpang bus mencapai 10.644 orang atau turun sekitar 75 persen dibandingkan hari biasa.

Sedangkan volume lalu lintas harian pada motor, mobil penumpang, dan mobil besar, yang menggunakan jalan nasional non-tol ke arah keluar Jabodetabek mencapai lebih dari 68.000 kendaraan. Jumlah ini turun sekitar 48 persen dibandingkan hari biasa.  

Lalu pada transportasi udara, dari 12 bandara pemantau tercatat ada sebanyak 270 flight keberangkatan atau turun 82,7 persen dari hari biasa.

Sementara jumlah penumpang yang melakukan perjalanan keberangkatan mencapai 3.856 orang atau turun 96,2 persen dibandingkan hari biasa.

Kemudian di transportasi kereta api, pergerakan penumpang tercatat mencapai 17.220 orang atau turun 71 persen dari jumlah sehari sebelumnya.

Bila dibanding dengan rata-rata penumpang sepanjang 22 April-5 Mei, jumlah penumpang kereta api pada Kamis kemarin turun 63 persen.

Adapun pada transportasi laut, dari 51 pelabuhan antarpulau yang dipantau terdapat pergerakan 2.048 orang penumpang atau turun 88 persen dibandingkan hari biasa.

Menurut Adita, penurunan volume penumpang yang cukup signifikan di semua moda transportasi bisa diindikasikan dua hal. Pertama, masyarakat telah melakukan perjalanan lebih dulu di masa pra peniadaan mudik,

"Atau kedua tingkat kepatuhan masyarakat yang meningkat terhadap peraturan peniadaan mudik di tahun 2021,” katanya.

Dia menjelaskan, dari pemantauan penerapan pengendalian transportasi di hari pertama masa larangan mudik, penerapan protokol kesehatan di prasarana dan sarana transportasi umum berjalan cukup baik.

Selain itu, penyekatan yang dilakukan petugas di sejumlah titik dinilai sudah baik dan akan terus dioptimalkan.

“Selanjutnya, kami akan terus melakukan pemantauan terhadap pengendalian transportasi di masa Idul Fitri 2021 H dan memastikan perjalanan masyarakat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkas Adita.

https://money.kompas.com/read/2021/05/07/150200726/hari-pertama-larangan-mudik-kemenhub-klaim-pergerakan-transportasi-terkendali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke