Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

India Dilanda "Tsunami" Covid-19, Bagaimana Ekspor Batu Bara ABM Investama?

Selama ini kata dia, India memang menjadi negara tujuan utama ekspor batu bara ABM Investama.

"Tahun lalu, India menutup atau men-declare force majeure di bulan Maret sehingga seluruh port di India tutup pada bulan April. Tapi di tahun ini, kebijakan itu tidak diambil oleh pemerintah India," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (7/5/2021).

Ia mengatakan, India tidak menutup pelabuhan karena masih menbutuhkan asupan energi sehingga aktivitas ekspor batu bara ABM terus berlanjut.

"Di sana kebutuhan energi masih jalan, pabrik masih jalan. Jadi kita turut berduka apa yang terjadi di India," ucapnya.

Adrian mengungkapkan, permintaan batu bara dari India terus meningkat. Oleh karena itu, ABM masih memasok batu bara ke India.

Meski begitu, ABM terus memantau perkembangan di India. Bila kondisi memburuk, maka ABM tidak menutup peluang memasarkan produksi batu baranya ke negara lain misalnya ke China, Vietnam, dan Malaysia.

ABM juga masih melihat celah pasar akibat masih berlangsungnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

"Namun, India not only country yang menggunakan coal. Selain India, itu ada China, Vietnam dan juga Malaysia dan pasar domestik Indonesia masih sangat terbuka. Kalau misalnya India slow down, kita bisa switch di pasar lainnya di dunia ini," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2021/05/07/220000926/india-dilanda-tsunami-covid-19-bagaimana-ekspor-batu-bara-abm-investama-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke