Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produksi Kilang Pertamina Internasional Capai 79 Persen dari Target

Direktur Utama PT KPI Djoko Priyono mengungkapkan, optimasi kilang dan efisiensi biaya operasional jadi faktor pendorong kinerja positif perusahaan.

Optimasi kilang dilakukan dengan menghasilkan produk bernilai tinggi (high valuable product) sesuai dengan pergerakan crack spread (perbedaan antara harga minyak mentah sebagai bahan baku dan harga produk yang dihasilkan kilang).

“Optimasi kilang juga dilakukan dalam proses pengadaan crude (minyak mentah). Kita diberikan fleksibilitas dalam mengolah crude bagian negara agar dapat memberikan profitabilitas kilang yang lebih baik,” ujar Djoko dalam keterangannya, Kamis (20/5/2021).

Dengan upaya optimasi itu, KPI menjadikan imbal hasil produk atau yield valuable Product (YVP) di atas target.

Persentase produksi produk bernilai tinggi, seperti produk bahan bakar minyak (BBM) dan petrokimia mencapai realisasi di atas 79 persen, lebih tinggi dari target pada RKAP sekitar 78 persen.

"Plant Availability Factor (PAF) yang merupakan indikator kehandalan operasi kilang terhadap perencanaan operasi juga berhasil meningkat menjadi hampir 100 persen, lebih tinggi daripada versi RKAP sekitar 99 persen," kata dia.

Sementara dalam upaya efisiensi biaya operasi kilang, KPI mengendalikan pemakaian energi hingga angkanya di bawah target RKAP.

Indeks intensitas penggunaan energi untuk produksi di kilang atau Energy Intensity Index (EII) tercatat di angka 108,6, lebih rendah daripada yang ditetapkan pada RKAP yang hampir sebesar 109. Untuk diketahui, semakin kecil angka realisasi EII maka semakin baik.

Djoko menambahkan, kinerja positif perseroan juga tak lepas dari dukungan mitra bisnis. Seperti dengan PT Patra Niaga yang telah menjual produk BBM berkualitas hasil produksi dari Kilang Pertamina.

Serta PT PGN yang telah memasok gas alam ke kilang-kilang Pertamina untuk proses produksi. Ia pun memastikan KPI berkomitmen untuk mendorong kinerja dari sisi operasional dan finansial ke depannya.

"Kami apresiasi seluruh mitra bisnis yang telah mendukung pencapaian kinerja positif KPI," pungkas Djoko.

https://money.kompas.com/read/2021/05/20/103838526/produksi-kilang-pertamina-internasional-capai-79-persen-dari-target

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke