Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Restrukturisasi, Anak Usaha Pertamina Tinggal 12

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan, dengan perampingan anak usaha yang dikelola maka penyusunan strategi pengembangan lebih mudah dilakukan.

"Dengan struktur baru ada 12 anak usaha yang dikelola, jadi streamlining lebih mudah dikelola dan susun rencana strategis," jelas Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI, Kamis (20/5/2021).

Selain memangkas jumlah anak usaha sebut Nicke, Pertamina juga melakukan penyederhanaan direktorat. Dari yang sebelumnya jumlah direktorat mencapai 11 kini hanya tersisa 5 direktorat dan dua fungsi terintegrasi.

Nicke memastikan dengan jumlah direksi di holding yang hanya sebanyak 6 orang maka pelaksanaan organisasi dapat lebih terfokus. Selain itu, pengambilan keputusan diklaim dapat lebih cepat dan efisien untuk dilakukan.

"Karena operasional turunkan ke subholding, holding lebih fokus bagaimana kami kembangkan bisnis ke depan karena transisi energi ini tidak bisa tunggu lagi," kata Nicke.

Secara khusus, Nicke memastikan dalam kurun 2020-2024 ada kebutuhan investasi untuk sejumlah proyek di Pertamina mencapai US$ 92 miliar.

Direncanakan minimal US$ 40 miliar bisa bersumber dari pendanaan eksternal baik partnership, refinancing project maupun Sovereign Wealth Fund (SWF). (Filemon Agung)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Restrukturisasi, Pertamina sudah pangkas 115 anak usaha

https://money.kompas.com/read/2021/05/21/120600626/restrukturisasi-anak-usaha-pertamina-tinggal-12

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke