Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Ini Primaya Hospital Ekspansi Tambah 4 Rumah Sakit

CEO Primaya Hospital Group, Leona A. Karnali mengatakan, saat ini sudah ada tiga rumah sakit yang rampung pembangunannya yakni berlokasi di Sukabumi, Pasar Kemis, dan Pangkal Pinang. Sedangkan satu lagi berlokasi di Semarang yang masih dalam tahap pembangunan.

"Pada 2016 Primaya baru punya empat rumah sakit, tapi di 2021 sudah punya 12 rumah sakit. Harapannya akhir tahun kami tambah satu lagi dan ini sudah mulai dibangun. Jadi akhir tahun bisa ada 13 rumah sakit," ujarnya dalam acara media visit Kompas.com secara virtual, Rabu (26/5/2021).

Ia menjelaskan, jumlah tempat tidur (bed) yang tersedia di setiap rumah sakit Primaya berkisar 100-400 unit. Sementara nilai investasi dari pembangunan satu rumah sakit berkisar Rp 200 miliar-Rp 250 miliar.

"Pendanaannya kombinasi, baik dari internal maupun eksternal, seperti pinjaman bank," imbuh Leona.

Saat ini dengan memiliki 13 jaringan rumah sakit, Primaya secara total punya lebih dari 1.000 tempat tidur. Ia berharap, seiring bertambahnya jumlah rumah sakit Primaya maka semakin memperbaiki rasio kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

"Kami terus membangun karena kebutuhan di Indonesia, sebab jumlah bed terhadap per 1.000 orang itu rata-rata 1,18 bed, masih belum tinggi bila dibandingkan dengan Singapura, Vietnam, Malaysia yang cukup tinggi, apalagi dengan Korea Selatan dan Jepang," jelas dia.

Leona mengatakan, perseroan akan terus mengembangkan jumlah rumah sakit dengan menambah 3-4 rumah sakit setiap tahunnya. Anak usaha PT Saratoga Investama Sedaya Tbk ini meski masih fokus pada ekspansi di Pulau Jawa, namun tak menutup kemungkinan untuk memperluas pelayanannya ke luar Pulau Jawa.

Jaringan rumah sakit perseroan kini tersebar beberapa wilayah, yakni Primaya Hospital Bekasi Barat, Primaya Hospital Bekasi Timur, Primaya Hospital Bekasi Utara, Primaya Hospital Karawang, dan Primaya Hospital Tangerang.

Kemudian Primaya Evasari Hospital, Primaya Hospital Palangka Raya, Primaya Hospital Makassar, dan Primaya Hospital Inco Sorowako. Serta terbaru Primaya Hospital Pasar Kemis, Primaya Hospital Pangkal Pinang, Primaya Hospital Sukabumi, dan Primaya Hospital Semarang.

"Kami terbuka, di luar Jawa pun akan terus dikembangkan, kami berharap seperti klaster Makassar dan klaster Palangka Raya juga berkembang, selain juga perkembangan di klaster-klaster Pulau Jawa. Jadi kami akan terus kembangkan rumah sakit di berbagai daerah," ungkap Leona.

https://money.kompas.com/read/2021/05/26/202000726/tahun-ini-primaya-hospital-ekspansi-tambah-4-rumah-sakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke