Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal TKA China, Menteri Bahlil: Investasi Makin Besar Peluang Pekerjaan Juga Makin Besar

Menurut dia, justru peluang investasi yang semakin besar akan menciptakan banyak lapangan kerja.

"Mengenai berapa jumlah TKA yang masuk, Menaker yang jawab. Tapi yang saya bisa jawab, begitu investasi makin besar peluang pekerjaan makin besar tinggal dilihat dari jenis usahanya apa, jenis investasi apa, apakah padat teknologi atau padat karya," katanya dalam halal bihalal virtual bersama awak media, Jumat (28/5/2021).

Ia pun menambahkan, investasi China ke Indonesia hingga kini lebih mengarah ke sektor energi pertambangan, salah satunya pembangunan smelter.

Di Indonesia, ada dua perusahaan smelter yang mempekerjakan TKA China yakni PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Obsidian Stainless Steel yang berlokasi di Sulawesi Tenggara.

"Yang saya pahami proses pembangunan investasi China ke indonesia lebih banyak ke pembangunan industri smelter di komoditas tambang dan ini punya multiplier effect," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebutkan, jumlah penggunaan TKA terus mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir. Pada 2019, terdapat 95.168 TKA yang bekerja di Indonesia dan turun menjadi 93.374 pada 2020. Hingga Mei 2021, tercatat ada 92.058 TKA.

Ia mengungkapkan keberadaan TKA di Indonesia saat ini sebagian besar dalam rangka investasi penanaman modal asing. Tujuannya untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja serta percepatan pembangunan infrastruktur nasional

Sejak Januari hingga 18 Mei 2021, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerbitkan izin kerja kepada 15.750 tenaga kerja asing.

Bila dirinci berdasarkan jenis usaha yang diterbitkan, untuk jenis usaha jasa terdapat 8.443 data TKA yang diterbitkan, industri sebesar 7.113 orang, serta maritim dan pertanian sebesar 204 orang.

Sementara, bila dilihat dari level jabatan, level profesional sebanyak 8.482 orang, advisor/consultant 4,144 orang, manager sebesar 2.490 orang, direksi 595 orang dan komisaris sebanyak 49 orang.

https://money.kompas.com/read/2021/05/28/190000326/soal-tka-china-menteri-bahlil--investasi-makin-besar-peluang-pekerjaan-juga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke