Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesuksesan IndoPowder Bersama Shopee Turut Menggerakkan UMKM Lokal

KOMPAS.com – Setiap pengusaha mempunyai berbagai kiat untuk menggapai kesuksesan. Tak hanya kerja keras, kesuksesan juga bisa diraih melalui kejelian untuk memanfaat peluang yang ada.

Pepatah tersebut mungkin cocok untuk menggambarkan kisah sukses Heilman Yunansyah melalui produk bubuk minuman “IndoPowder”.

Untuk diketahui, saat ini IndoPowder telah memiliki 32 agen yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sebagai penyuplai produk bubuk minuman, Heilman berhasil mencapai visi dan misinya untuk membantu bisnis sesama pelaku UMKM lokal.

Namun, pencapaian Heilman itu tidak dicapai dengan mudah. Sebelum menjadi pengusaha, ia pernah bekerja di suatu perusahaan multinasional.

Sayangnya, pada 2018, Heilman harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) setelah memegang posisi sebagai salah satu top management di perusahaannya.

Walau demikian, Heilman enggan merasa terpuruk karena memiliki mimpi menjadi seorang pengusaha sejak di bangku kuliah.

Berbekal uang pesangon, ilmu, dan pengalaman berjualan secara online, Heilman mulai mencoba peruntungannya dalam menjalani bisnis penyuplai bubuk minuman berkualitas. Dari sini lahirlah toko IndoPowder.

Dalam memulai bisnisnya, Heilman memanfaatkan momentum viralnya sajian es kepal milo di media sosial. Saat itu, masyarakat banyak yang membutuhkan produk bubuk minuman untuk keperluan usaha.

Tak ingin melewatkan peluang itu, IndoPowder menyuplai kebutuhan produk bubuk minuman kepada masyarakat sampai akhirnya dikenal.

Omset melonjak setelah bergabung dengan Shopee

Heilman bercerita omset penjualan IndoPowder semakin menanjak setelah bergabung dengan Shopee.

Hal itu, terjadi karena Shopee mendukung penuh kebutuhan para penjual dengan berbagai program yang dimilikinya, mulai dari kampanye yang diadakan hingga beberapa program yang khusus dirancang agar para penjual bisa sukses.

Walau situasi pandemi membuat penjualan toko IndoPowder sempat menurun drastis, Heilman tetap beradaptasi dengan keadaan.

Meningkatnya tren berbelanja online di tengah masyarakat Indonesia selama masa pandemi menjadi peluang bagi Heilman untuk semakin memperkuat bisnisnya secara online di Shopee.

Heilman menyiasatinya dengan membuat strategi penjualan baru, seperti penambahan beberapa varian rasa, pembuatan size packaging baru, hingga mengikuti berbagai kampanye dari Shopee.

Alhasil, usaha yang ia lakukan untuk mempertahankan bisnis IndoPowder akhirnya berbuah manis.

Walau umur bisnis IndoPowder masih terbilang muda yakni tiga tahun, lanjut Heilman, performa toko IndoPowder sudah sangat melebihi ekspektasi.

Itu terlihat dari penjualan IndoPowder di Shopee yang sudah mencapai hampir dua hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan e-commerce lain, mulai dari sisi jumlah penjualan maupun omzet yang didapatkan.

"Bahkan, toko IndoPowder sudah mendapatkan level Star Plus dengan jumlah total 87.000 pengikut. Tentunya pencapaian ini sangatlah membanggakan bagi saya pribadi," kata Heilman.

Sebagai platform e-commerce terdepan, lanjut Heilman, Shopee senantiasa menghadirkan beragam inovasi sehingga dapat terus meningkatkan jumlah penggunanya.

Hal tersebut berkontribusi besar kepada penjualan IndoPowder karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Ditambah lagi berbagai kampanye tanggal cantik dan juga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diselenggarakan Shopee juga mempunyai peran penting dalam peningkatan penjualan toko IndoPowder.

"Terutama saat kampanye besar seperti Ramadan Food Fair yang bisa membantu meningkatkan penjualan hingga 30 persen dibandingkan dengan hari-hari biasanya,” ujar Heilman.

Selain kampanye di atas, Heilman merasakan pula manfaat dari program Joint Business Planning (JBP). Program ini berfokus pada penentuan dan perencanaan target jangka panjang bagi para penjual.

“Melalui program ini, saat periode kampanye 4.4, IndoPowder telah berhasil mencapai peningkatan penjualan hingga 500 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu," ujar Heilman.

Mengikuti program #ShopeePilihLokal 6.6 Kuliner Viral Day

Toko IndoPowder turut menjadi bagian dari inovasi fitur terbaru #ShopeePilihLokal. Bagi Heilman, hal ini merupakan suatu kehormatan.

Selain turut mendukung program pemerintah untuk lebih mengapresiasi dan mengampanyekan penggunaan produk lokal, menurut Heilman, #ShopeePilihLokal dapat pula meningkatkan online presence IndoPowder di Shopee.

Dengan demikian, program tersebut bisa membuat IndoPowder menjangkau lebih banyak konsumen dan membantu keberlangsungan bisnis UMKM lokal lain.

Sebagai informasi, kampanye 6.6 #ShopeePilihLokal mulai berlangsung 29 Mei-6 Juni 2021. Kampanye ini  menghadirkan berbagai penawaran menarik yang dapat dinikmati para pengguna dalam memberi produk lokal.

Adapun penawaran menarik tersebut meliputi kampanye tematik seperti Brand Lokal Day, Fashion Wanita Day, Flash Sale Lokal Day, Beauty Lokal Day, Kuliner Viral Day, Rumah & Hobi Day, Fashion Pria Day, Fashion Aksesoris Day dan Halal Corner Day.

Selain kampanye di atas, Shopee juga memiliki promo menarik lainnya, seperti 50 persen off, flash sale, dan gratis ongkir.

"Pada Kampanye 6.6 Kuliner Viral Day yang akan diadakan pada 29 Mei 2021, IndoPowder akan memberikan promo flash sale kepada pembeli," ujar Heilman.

"Pada tanggal tersebut, kami juga berencana meluncurkan produk baru IndoPowder dengan promo gratis ongkir. Hal ini merupakan daya tarik bagi konsumen untuk memborong produk IndoPowder pada kampanye 6.6 #ShopeePilihLokal,” tambah dia.

Heilman mengatakan, atas dasar program dan bimbingan Shopee tersebut, penjualan toko IndoPowder bisa meningkat hingga 50 persen dalam year on year. Bahkan, 30 persen konsumen loyal IndoPowder merupakan pembeli di Shopee.

Heilman optimis, dengan bantuan Shopee, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan IndoPowder bisa menjadi salah satu market leader untuk penjualan produk bubuk minuman di Indonesia.

Ia pun memiliki impian agar IndoPowder dapat menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia seperti Papua.

Keberhasilan Heilman dalam perjalanannya mengembangkan bisnis IndoPowder patut diacungi jempol.

Pasalnya selain berbisnis, ia turut membantu sesama penggiat UMKM minuman di Indonesia untuk bisa berjuang dan sukses bersama.

Heilman berpesan kepada para pelaku UMKM lokal yang sedang merintis bisnis untuk selalu dapat melihat peluang dari setiap masalah yang sedang dihadapi.

Meningkatnya tren belanja online pada masa pandemi bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara digital.

“Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara bergabung menjadi penjual di Shopee, salah satu e-commerce terdepan di Indonesia dengan jutaan pelanggan setia,” tutur Heilman.

https://money.kompas.com/read/2021/05/29/163000126/kesuksesan-indopowder-bersama-shopee-turut-menggerakkan-umkm-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke