Salin Artikel

[POPULER DI KOMPASIANA] "Jebakan" Belanja Online | Makan Sendirian di Restoran | Review Film "Recalled"

KOMPASIANA---Setiap kali ada marketplace yang memberikan banyak diskon, apapun momennya, pasti sudah banyak dinanti karena bisa mendapat barang incaran dengan harga yang murah.

Namun, percayalah, agar tetap hati-hati kala berbelanja. Apalagi jika sudah melihat harga yang dicoret, pasti ingin cepet-cepat "check out".

Lantas kehati-hatian seperti apa yang bisa kita lakukan? Sebagai contoh sebelum kita check out, cobalah melakukan sedikit riset ke toko lain untuk sekadar membanding harga.

Perbedaan harga yang ditawarkan membuat kita sebagai konsumen harus lebih waspada terhadap promo atau jebakan "harga murah."

Inilah 5 konten terpopuler dan menarik di Kompasiana dalam sepekan: lebih hati-hati belanja online hingga review film "Recalled".

1. Kenali "Jebakan" Saat Belanja Online di Marketplace

Kompasianer Widi Kurniawan sebenarnya senang berbelanja di marketplace karena aman dan nyaman untuk berbelanja online saat ini.

Mengenai pembayaran, misalnya, sistem pembayaran nontunai maupun COD selalu melewati rekening milik marketplace, sehingga jika ada komplain atau sengketa yang merugikan konsumen, dana tersebut masih bisa dikembalikan lagi.

Namun, bukan tidak mungkin ada saja "jebakan" yang didapat konsumen ketika berbelanja seperti banyaknya barang KW dibilang orisinal.

"Sebelum membeli biasakan membaca dengan seksama spesifikasi barang dan deskripsi barang yang ditulis oleh toko. Jangan lupa juga membaca ulasan pembeli lainnya serta rating yang diberikan," tulis Kompasianer Widi Kurniawan, menyarankan. (Baca selengkapnya)

2. Sedikit Analisis Kejatuhan Giant dan Kejayaan Superindo dari Sisi Konsumen

Saat Superindo masih eksis melayani para pembelinya, nasib berbeda dialami oleh Giant: seluruh gerainya ditutup pada Juli tahun ini.

Terbaru, seperti yang ditemui Kompasianer Ikrom Zain, ada dua dua Giant di Malang yang mengobral barang besar-besaran lantaran tidak lagi mengambil stok.

"Ambruknya Giant pada tahun ini merupakan lanjutan dari penutupan gerai besar-besaran pada tahun 2019," tulis Kompasianer Ikrom Zain.

Kala itu, lanjutnya, ada dua gerai besar Giant di Malang yang tutup, yakni di Sawojajar dan Kacuk. (Baca selengkapnya)

3. Salahkah Aku Kalau Makan Sendirian di Restoran

Pernah merasakan makan di restoran seorang diri dan jadi perhatian pengunjung lain?

Sebagai food writer, Kompasianer Deddy Huang sering merasakan itu hingga mimik waiter yang berubah saat dijawab untuk 1 orang saja.

Kompasianer Deddy Huang biasanya melakukan berkunjung ke restoran juga seorang diri apabila tidak ada yang menemani.

"Tujuannya agar bisa menilai restoran tersebut dari standar pelayanan waiter, rasa makanan, harga, hingga suasana tempat tersebut," tulisnya.

Pertama kali makan di restoran sendirian, mungkin akan merasa kesepian dan kurang nyaman, berbeda dengan bersama teman.

Tapi, seperti Kompasianer Deddy Huang tuliskan, percayalah ketika kamu sedang makan sendirian kamu bisa jauh lebih peka untuk melihat lingkungan sekitar. (Baca selengkapnya)

4. Pelajaran Indah dari Mr. Bean

Tak ada yang lebih lucu sekaligus misterius seperti Mr. Bean. Terjatuh dari langit secara misterius dalam keadaan bingung.

Sejak memulai debutnya pada 1 Januari 1990, komedi yang diperankan oleh Rowan Atkinson ini telah mendapatkan popularitas global dan "meleburkan" perbedaan bahasa hingga budaya.

Selama bertahun-tahun, baik serial orisinal maupun versi animasinya, Mr. Bean tidak hanya menghibur kita lewat adegan-adegan cerdasnya.

Tapi, bagi Kompasianer Andi Firmansyah, Mr. Bean ujga menentukan masa kecil kita dan menyiratkan pelajaran-pelajaran indah untuk kehidupan yang juga indah.

Para pemain menyampaikan setiap emosi dan situasi tanpa diwarnai kata-kata. Kita disuguhkan kebisuan yang menakjubkan.

"Dan itulah salah satu pelajaran eksplisit dari Mr. Bean, bahwa kita bisa mengurangi kebisingan untuk tetap menikmati kehidupan," tulis Kompasianer Andi Firmansyah. (Baca selengkapnya)

5. Review "Recalled", Salah Satu Film Korea dengan Plot Twist Terbaik di Awal Tahun 2021

"Recalled merupakan salah satu film korea dengan plot twist terbaik di awal tahun ini," tulis Kompasianer Satria Adhika Nur, membuka artikel review atas film tersebut.

"Recalled" yang dirilis bulan lalu sebenarnya sudah dinantikan banyak orang, khususnya bagi para fans dari Seo Ye Ji.

"Recalled" bercerita tentang Kim Soo Jin yang mengalami hilang ingatan. Setelah itu mulai kembali ke rumah bersama suaminya, justru merasa seperti bisa melihat masa depan.

Konflik mulai memasuki puncaknya ketika Soo Jin bertemu dengan seseorang dan masuk ke ruangan orang tersebut.

"Saya sebagai penonton juga kaget ketika melihatnya. Siapa sangka, orang yang diketahui sebagai Ji Hoon selama ini ternyata bukan orang yang asli," tulis Kompasianer Satria Adhika Nur. (Baca selengkapnya)

https://money.kompas.com/read/2021/05/29/171700126/-populer-di-kompasiana-jebakan-belanja-online-makan-sendirian-di-restoran

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.