Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkat Penyaluran KPR, Kredit Konsumsi Tumbuh 0,13 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan pertumbuhan kredit hingga April 2021, terkontraksi sebesar 2,28 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Namun, kredit konsumsi menurut OJK mulai tumbuh positif sebesar 0,31 persen.

Menurut Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo, hal ini sejalan dengan meningkatnya proporsi pengeluaran konsumsi.

Terutama didorong oleh Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebagai hasil dari kebijakan stimulus oleh pemerintah, OJK dan Bank Indonesia (BI) dalam penyalurannya.

Kredit sektor pariwisata juga tercatat tumbuh sebesar 5,99 persen, ditopang kenaikan kredit pada restoran atau rumah makan sebesar 10,53 persen secara bulanan (month to month/mtm) dan angkatan laut domestik sebesar 1,24 persen secara yoy.

"Secara ytd (year to date) pertumbuhan kredit masih positif, terutama didorong oleh penyaluran kredit dari bank BUMN dan BPD. Kredit UMKM juga mulai menunjukkan perbaikan. Dari tren ini, pertumbuhan kredit kuartal I 2021 lebih baik dari 2020, sehingga masih terdapat ruang untuk pertumbuhan," kata Anto lewat keterangan tertulis resminya, Minggu (30/5/2021).

Ruang pertumbuhan kredit juga didukung dengan suku bunga kredit yang terus turun.

Hingga April tahun ini, suku bunga kredit modal kerja turun menjadi 9,08 persen, bunga kredit konsumsi menjadi 10,87 persen, dan suku bunga kredit investasi di posisi 8,68 persen.

Anto menyatakan, suku bunga bukanlah satu-satunya faktor penentu tumbuhnya kredit perbankan. 

Menurut dia, pertumbuhan kredit sangat ditentukan oleh permintaan masyarakat.

"Permintaan atas kredit/pembiayaan akan kembali tinggi apabila terjadi peningkatan mobilitas masyarakat yang mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut didukung upaya vaksinasi yang semakin meluas untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan masyarakat yang terjaga baik," kata Anto.

https://money.kompas.com/read/2021/05/30/191803626/berkat-penyaluran-kpr-kredit-konsumsi-tumbuh-013-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke