Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Politeknik Ketenagakerjaan Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Catat Syarat dan Tahapan Pendaftarannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Politeknik Ketenagakerjaan membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun ajaran 2021/2022.

Pendaftaran dibuka pada 1-15 Juni 2021 secara online di website polteknaker.ac.id. 

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, melalui Polteknaker berupaya memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten baik di instansi pemerintah, dunia industri, maupun masyarakat pada umumnya. 

"Polteknaker ini disiapkan agar begitu mahasiswanya lulus bisa langsung bekerja. Kita terus perbanyak ketersediaan SDM sektor ketenagakerjaan yang berkualitas di Indonesia," kata Ida melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (30/5/2021). 

Polteknaker memiliki tiga program studi yaitu D-IV Relasi Industri, D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan D-III Manajemen Sumber Daya Manusia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker Anwar Sanusi menambahkan, untuk biaya pendaftaran dan studi di Polteknaker ini gratis dengan disubsidi pemerintah.

Nantinya, lulusan Polteknaker akan mendapatkan ijazah, Sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan TOEIC.

 PMB Polteknaker tahun ajaran kali ini membuka kesempatan 90 orang mahasiswa baru dengan persyaratan Warga Negara Indonesia (WNI) dan lulusan SMA/MA/SMK sederajat.

Adapun berkas administrasi yang harus dipersiapkan, yaitu scan ijazah terakhir/surat keterangan lulus (asli), scan KTP/Kartu Keluarga (bagi yang belum memiliki KTP), dan scan sertifikat pendukung lainnya baik prestasi akademik atau non-akademik (bila ada).

Semua berkas itu dibuat dalam satu tipe file.zip atau rar dengan ukuran maksimal 10 mega byte. 

"Pendaftar juga harus menyiapkan pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) dengan ukuran 4x6 cm berlatar belakang biru dan ukuran maksimal resolusi 300 pixel kali 450 pixel atau maksimal size 200 kilobyte dengan tipe file jpg atau png," ujar Anwar. 

Bagi pendaftar yang memilih khusus program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja harus lulusan dari SMA/SMK sederajat jurusan IPA/Eksakta dan tidak buta warna.

Tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru hingga seleksi berkas administrasi ini dilakukan secara daring (online).

Dimulai dengan pengumuman penerimaan PMB secara online mulai 1-30 Mei 2021, registrasi mulai tanggal 1-15 Juni 2021.

Kemudian, pengumuman hasil seleksi berkas administrasi juga dilakukan secara online pada tanggal 17 Juni 2021. 

Begitupun dengan pelaksanaan tahapan tes tersebut juga dilaksanakan secara daring.

Adapun tes tahap 1 yakni tes potensi akademik akan dihelat pada 22-24 Juni 2021.

Selanjutnya, hasil tes tahap 1 akan diumumkan pada 26 Juni 2021.

Peserta nantinya akan melanjutkan tes tahap 2, berupa tes psikotes yang berlangsung pada 29-30 Juni 2021.

Nantinya, hasil tes psikotes tersebut akan diumumkan pada tanggal 6 Juli 2021 secara online. 

Tahapan selanjutnya yaitu tes kesehatan dan bebas narkoba berlangsung 13-14 Juli 2021 secara fisik (offline) yang diadakan di kampus di masing-masing prodi.

Pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru 2021/2022 diinformasikan pada 16 Juli 2021 secara daring dan proses terakhir daftar ulang pada tanggal 21-23 Juli 2021 secara offline di masing-masing prodi. 

https://money.kompas.com/read/2021/05/30/203523026/politeknik-ketenagakerjaan-buka-penerimaan-mahasiswa-baru-catat-syarat-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke