Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Surge Bangun Jaringan Fiber Optik Tahap Pertama Pulau Jawa Sepanjang 2.800 Km

Selain untuk melayani berbagai pelaku bisnis telekomunikasi dan internet lokal sepanjang rel kereta, pembangunan ini juga ditujukan untuk menghadirkan layanan internet lebih berkualitas, terjangkau, dan berkapasitas besar di Pulau Jawa.

CEO Surge, Hermansjah Haryono mengatakan, jaringan fiber optik yang akan dibangun ini terlebih dulu akan menargetkan wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya sebagai target pertama.

“Dengan adanya pandemi yang mendorong aktivitas kegiatan digital di rumah menjadi lebih besar, masyarakat membutuhkan jaringan internet yang lebih stabil dan dapat diakses secara terjangkau. Apalagi pelaku UMKM yang juga menghadapi tantangan hebat di masa ini,”ungkap Hermansjah dalam siaran pers, Senin (31/5/2021).

Hermansjah mengatakan, hingga kini Surge telah berhasil membangun 45 km untuk wilayah jalur kereta Jabodetabek dan Bandung Raya.

Fasilitas dibangun di sepanjang jalur kereta api, dan melewati daerah pemukiman dan perumahan penduduk, sentra UMKM, bahkan kota kecil maupun desa yang ada di Jawa Tengah dan sekitarnya.

“Kami harap langkah ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pelaku bisnis lokal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah melalui transformasi digital,” ungkap dia.

Sejumlah area yang telah dilewati pembangunan jaringan fiber optik Surge tahap pertama ini antara lain mencakup jalur Stasiun Duren Kalibata dengan Stasiun Tanjung Barat. Kemudian 8 (delapan) stasiun di jalur Bandung Raya antara Stasiun Ciganea, Kabupaten Purwakarta dan Stasiun Sasaksaat, Kabupaten Bandung Barat.

Perseroan juga sudah dalam tahap penyelesaian di jalur Stasiun Manggarai dan Stasiun Cikarang, dan jalur Stasiun Manggarai dan Stasiun Cawang, yang ditargetkan selesai pada pertengahan Juni tahun ini.

Fokus ini dilakukan mengingat besarnya kebutuhan akan kualitas konektivitas tinggi dari maraknya pembangunan data center oleh para korporasi di kawasan industri Cikarang.

https://money.kompas.com/read/2021/06/01/093000826/surge-bangun-jaringan-fiber-optik-tahap-pertama-pulau-jawa-sepanjang-2.800-km

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke