Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Masa Pandemi Covid-19, Bagaimana Tren Wisata yang Digemari?

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat perubahan pola berwisata di masa pandemi Covid-19. 

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Yuana Rochma Astuti mengatakan, saat ini masyarakat lebih suka ke lokasi pariwisata yang tidak jauh dari rumah.

“Sekarang masyarakat gemar berwisata di lokasi yang tidak jauh dari perumahannya. Jadi artinya, yang menurut mereka jangkauannya bisa dicapai dengan mobil pribadi,” ungkap Yuana secara virtual, Kamis (10/6/2021).

Menurut Yuana, alasan menggunakan mobil pribadi karena banyak masyarakat yang cemas untuk berpergian melalui jalur udara.

Di sisi lain, lokasi yang didatangi juga merupakan lokasi yang bisa mengakomodir wisata keluarga.

“Masyarakat masih insecure dengan naik pesawat. Itu bisa kita petakan. Kalua kita lihat, pola saat ini perjalanan kalua dari Jakarta itu biasanya suka ke Bandung, Solo, Semarang dan Yogyakarta. Kemudian, tren staycation, seperti hotel yang mengakomodir wisata keluarga,” jelas dia.

Jika terpaksa menggunakan jalur udara, Yuana menilai masyarakat cenderung memilih penerbangan yang memiliki fleksibilitas, dari mulai kemudahan untuk refund, hingga akomodasi yang disediakan.

“Penawaran tiket yang digemari itu yang memberikan fleksibilitas untuk refund. Baik tiket maupun akomodasi,” jelas dia.

Selain itu, tren yang juga muncul adalah wisata outdoor.

Menurut Yuana, banyak masyarakat yang merasa lebih aman ketika melakukan wisata secara outdoor.

Namun, wisata outdoor saat ini, tentunya dengan keluarga, berbeda dengan era sebelum pandemi yang kebanyakan wisata outdoor dilakukan dengan grup besar.

“Yang back to nature itu banyak orang merasa nyaman. Karena, di udara yang terbuka itu lebih aman daripada udara tertutup dengan berwisata bersama keluarga,” jelasnya.

Yuana menambahkan, masyarakat juga kini menyukai tempat-tempat pariwisata yang sudah menerapkan standar CHSE atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Dengan standar CHSE, paling tidak masyarakat merasa tempat tersebut bersih. Jadi ada rasa kenyamanan. Nah wisata yang berkelanjutan inilah yang sangat digemari. Artinya wisata di tempat yang lebih berkelanjutan Kembali ke alam,” jelas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/06/10/195219026/di-masa-pandemi-covid-19-bagaimana-tren-wisata-yang-digemari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke