Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IHSG Awali Pekan Dibuka Menguat, Rupiah Melemah

Adapun nilai transaksi yang diperoleh dalam perdagangan pagi ini sebesar Rp 1,34 triliun dari 2,88 miliar lembar saham yang diperjualbelikan. Sementara, sebanyak 210 saham menguat, 200 melemah, dan 178 saham berada di posisi stagnan.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper memperkirakan IHSG hari ini akan bergerak menguat, karena para investor tengah menantikan rilis data inflasi Amerika Serikat (AS) yang akan menjadi penguat pergerakan IHSG.

Selain itu, pengumuman pembagian dividen dari para emiten serta data neraca perdagangan Indonesia juga diamati oleh investor.

"IHSG diperkirakan menguat namun diperkirakan penguatan akan terbatas dikarenakan data inflasi Amerika Serikat yang kurang sesuai dengan ekspektasi. Di sisi lain, sentimen pembagian dividen masih akan mendorong IHSG. Investor juga akan mengantisipasi rilis data trade balance," kata dia dalam rekomendasinya.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot, pagi ini mengalami pelemahan.

Dilansir dari Bloomberg, kurs rupiah pukul 09.42 WIB berada di posisi Rp 14.218 per dollar AS.  Posisi ini melemah 29 poin atau 0,20 persen dibandingkan sebelumnya pada Rp 14.189 per dollar AS.

https://money.kompas.com/read/2021/06/14/094910726/ihsg-awali-pekan-dibuka-menguat-rupiah-melemah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke