Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[TREN GAYA HIDUP KOMPASIANA] Mindset Gaya Hidup Minimalis | 6 Tip Bersihkan Rumah | Merawat Sepatu Putih

KOMPASIANA-—Tidak jarang kita sering membeli barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari.

Kebiasaan tersebut sebenarnya tak lepas dari budaya konsumerisme seseorang. Hal ini belakangan banyak terjadi.

Akan tetapi, bukan berarti tidak ada cara untuk mengubah itu semua. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menanamkan mindset gaya hidup minimalis.

Gaya hidup ini mulai tumbuh di masyarakat yang sadar akan pentingnya tidak hidup berdasarkan materi belaka.

Lain dari itu, yang cukup menarik sekaligus bermanfaat bagi orang yang memiliki mindset gaya hidup minimalis ini adalah berfokus pada memberikan dampak yang baik dan bemanfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitar, selain dari kesehatan finansial tentunya.

Selain mindset gaya hidup minimalis, ada juga pembahasan mengenai tip-tip membersihkan rumah dengan mudah dan ringan serta cara bagaimana merawat sepatu putih.

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana:

1. Mindset Gaya Hidup Minimalis dalam Menekan Konsumerisme Diri

Fenomena konsumerisme menjadi salah satu perwujudan berkembangnya teknologi di era digital sekarang ini.

Karenanya, Kompasianer Fatimah Firdaus berpendapat, memiliki mindset gaya hidup minimalis sangat diperlukan saat ini.

Menurut dia, mindset gaya hidup minimalis dapat dibentuk dengan meyakini bahwa kebahagiaan bukan berada pada materi dan barang.

Selain itu, mindset gaya hidup minimalis juga berfokus pada memberikan dampak yang baik dan bemanfaat untuk orang lain dan lingkungan sekitar.

"Untuk memulai gaya hidup minimalis dapat dilakukan dengan memilih dan memilah mana saja barang-barang yang masih dibutuhkan dan tidak lagi dibutuhkan," tulisnya. (Baca selengkapnya)

2. 6 Tips Bersihkan Ruangan Rumah dengan Mudah dan Ringan

Pekerjaan rumah tangga terlihat sepele, termasuk soal kebersihan rumah. Tidak heran jika jenis pekerjaan ini sering terabaikan begitu saja.

Sebenarnya, membersihkan rumah dapat dilakukan dengan aneka ragam cara, termasuk cara membersihkan lantainya.

Kompasianer Samhudi Bhai memberikan sedikit tip untuk membersihkan rumah dengan mudah dan ringan.

Cara pertama yang dilakukan adalah jangan asal memilih sapu.

jenis lantai yang dimiliki oleh tiap rumah semuanya berbeda. Seperti misalnya lantai yang lebih halus maka cara menggunakannya pun harus dengan jenis sapu yang lebih halus.

Berbeda dengan lantai yang umumnya lebih terlihat kurang bagus dan halus maka bisa menggunakan dengan jenis sapu yang memiliki serat alami dan efisien.

"Tujuannya supaya terlihat sama efektifnya dengan lantai halus tersebut," tulis Kompasianer Samhudi Bhai. (Baca selengkapnya)

3. Cara Merawat Sepatu Putih agar Warnanya Tak Kunjung Pudar

Sepatu berwarna putih memang selalu terkesan elegan saat dikenakan. Tak heran jika sepatu berwarna putih kerap menjadi favorit dari banyak orang.

Akan tetapi sepatu putih ini membutuhkan perawatan ekstra, ketimang sepatur berwarna lain.

Pasalnya warna putih yang elegan tersebut tak bisa menyembunyikan sedikit saja noda yang menempel. Warnanya yang terang membuat segala jenis noda mudah tampak. Dan, tentu saja, mengotori kebersihan dari si warna putih itu sendiri.

Tapi tenang saja, Kompasianer Novi Setyowati punya tip buat menjaga sepatu putih kita tetap bersih dan awet dipakai.

Cara pertama adalah simpan di tempat kering dan jauhkan dari jangkauan benda cair.

Menurut dia, hal paling berbahaya yang bisa menempel pada sepatu berwarna putih adalah dalam bentuk cairan berwarna. Pasalnya, sesuatu dalam bentuk cair cenderung akan terserap oleh bahan sepatu dan menempel dalam jangka waktu yang lama.

"Oleh karena itu, daripada mendapatkan noda yang sulit dibersihkan, lebih baik menghindari penyebab dari munculnya noda tersebut," tulisnya. (Baca selengkapnya) (IBS)

https://money.kompas.com/read/2021/06/15/130000826/-tren-gaya-hidup-kompasiana-mindset-gaya-hidup-minimalis-6-tip-bersihkan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke