Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus Covid-19 Melonjak, Luhut: Buah dari Ramai-ramai Mudik

Menurut Luhut, lonjakan kasus Covid-19 tersebut akibat masih banyaknya masyarakat yang tetap mudik Lebaran. Padahal, pemerintah sudah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik.

"Pemerintah sudah minta kita stay at home, tidak mudik. Kemarin ramai-ramai (mudik) dan ini buahnya. Jadi kita semua (perlu) melakukan perenungan," ujarnya secara virtual, Selasa (15/6/2021).

"Kalau kita sebagai pemimpin tidak memberikan contoh, ini dampaknya banyak korban yang tanpa kita sadari secara langsung maupun tidak langsung akibat kelakuan kita sendiri," sambung dia.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan, kenaikan kasus Covid-19 setelah Idul Fitri 2021 tak sebesar Lebaran tahun lalu.

Meski demikian, peningkatan kasus yang terjadi tiga minggu pasca-Idul Fitri tahun ini sudah lebih dari 50 persen.

Untuk diketahui, tiga minggu pasca-Lebaran 2020, jumlah kasus Covid-19 naik 80,5 persen. Lonjakan itu dikontribusikan oleh sejumlah daerah, seperti Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Sementara itu, pada tahun ini kenaikan kasus Covid-19 disumbangkan oleh Jawa Tengah sebesar 120 persen, Kepulauan Riau naik 82 persen, Sumatera Barat naik 74 persen, DKI Jakarta naik 63 persen, dan Jawa Barat naik 23 persen.

https://money.kompas.com/read/2021/06/15/163736626/kasus-covid-19-melonjak-luhut-buah-dari-ramai-ramai-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke