Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polri Buka 1.035 Formasi CPNS 2021, Paling Banyak untuk Lulusan D-III

JAKARTA, KOMPAS.com - Polri membuka 1.035 formasi dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Dari total formasi itu terbagi 722 untuk tenaga medis dan 313 tenaga teknis.

Adapun rincian formasinya, yakni 907 untuk formasi umum, 104 lulusan terbaik, 21 disabilitas dan 3 untuk putra/putri Papua dan Papua Barat. Dari total formasi tersebut, setidaknya terdapat 63 jabatan yang bisa diikuti proses seleksinya.

Adapun rincian formasi CPNS 2021 Polri sebagai berikut:

1. Ahli Pertama-Administrator Kesehatan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Kesehatan Masyarakat.

2. Ahli Pertama-Apoteker
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 41 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Apoteker.

3. Ahli Pertama-Dokter
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 101 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu Dokter Umum.

4. Ahli Pertama-Dokter Gigi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 30 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu Dokter Gigi

5. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Anak
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 4 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Spesialis Anak/Dokter Spesialis Anak.

6. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Anastesi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 11 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Anastesi.

7. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Bedah
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Bedah.

8. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Bedah Anak
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 4 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Bedah Anak.

9. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Gizi Klinik
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Gizi Klinik/Spesialis Gizi Klinik.

10. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Jantung
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Spesialis I Jantung.

11. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Jiwa
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Spesialis I Kedokteran Jiwa.

12. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Kandungan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Kandungan.

13. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Kandungan.

14. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Patologi Anatomi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Dokter Spesialis Patologi Anatomi.

15. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Penyakit Dalam

16. Ahli Pertama-Dokter Spesialis THT
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis THT.

17. Ahli Pertama-Dokter Spesialis Sub Anastesi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Spesialis Anastesi.

18. Ahli Pertama-Penyuluhan Kesehatan Masyarakat
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Kesehatan Masyarakat/D-IV Promosi Kesehatan.

19. Ahli Pertama-Dokter Hewan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Dokter Hewan.

20. Ahli Pertama-Perawat
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 11 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan Ners.

21. Ahli Pertama-Pranata Laboratorium Kesehatan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Analis Kesehatan.

22. Ahli Pertama-Analis Kesehatan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 20 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Analis Kesehatan.

23. Akupunturis
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Akupuntur.

24. Asisten Apoteker
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 29 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Farmasi.

25. Bidan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 60 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Kebidanan.

26. Fisioterapis
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 19 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Fisioterapis.

27. Nutrisionis
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 6 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu D-III Gizi.

28. Perawat
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 294 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Perawat.

29. Terapis Gigi dan Mulut
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 30 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Perawat Gigi.

30. Perekam Medik
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 8 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Rekam Medik.

31. Pranata Laboratorium Kesehatan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 8 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Analis Kesehatan.

32. Radiografer
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 8 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Radiologi.

33. Refraksionis Optisien
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Refraksionis Optisien.

34. Teknisi Elektromedis
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 10 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Elektromedik.

35. Analis Hukum
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 15 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Hukum.

36. Ahli Pertama-Pranata Komputer
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 19 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Teknik Informatika/Teknik Koputer/Ilmu Komputer.

37. Terampil-Pranata Komputer
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 39 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Teknik Komputer.

38. Analis Aplikasi dan Pengelolaan Data Sistem Keuangan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Informatika/Teknik Informatika/Ilmu Komputer.

39. Analis Data Setifkasi Industri Kimia
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Teknik Industri.

40. Analis Keuangan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 10 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Akutansi/D-IV Akutansi.

41. Analis Kimia
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Kimia.

42. Analis Laporan Keuangan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Akutansi/Manajemen/Administrasi/Teknik Informatika.

43. Analis Pembinaan Profesi Keuangan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 13 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Akutansi/D-IV Akutansi.

44. Analis Sejarah
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Sejarah/Perpustakaan.

45. Operator Sandi dan Telekomunikasi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 9 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Telekomunikasi/Teknik Komputer/Teknik Elektro Komunikasi.

46. Operator Sandi dan Telekomunikasi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 5 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Telekomunikasi/Teknik Komputer/Teknik Elektro Komunikasi.

47. Pengelola Akutansi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Keuangan/Administrasi Keuangan/Ekonomi Akutansi/Ekonomi Manajemen.

48. Pengelola Anggaran
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Akutansi.

49. Pengelola Data
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 105 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Komputer.

50. Pengelola Keamanan dan Ketertiban
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 4 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika.

51. Pengelola Keuangan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 20 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Keuangan/Administrasi Keuangan/Ekonomi Akutansi/Ekonomi Manajemen.

52. Pengelola Teknologi Informasi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Kompiter.

53. Pengolah Data
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 22 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Komputer.

54. Pengolah Data Aplikasi dan Pengelolaan Data Sistem Keuangan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknologi Informasi/Komputer.

55. Penyusun Kurikulum Modul dan Bahan Ajar
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan S1 Kurikulum Pendidikan.

56. Pranata Alat Persandian
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Telekomunikasi/Teknik Komputer/Teknik Elektro Komunikasi.

57. Pranata Teknologi Informasi Komputer
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Informatika/Komputer.

58. Teknisi Alat Elektro dan Alat Komunikasi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Komunikasi/Sistem Informasi/Teknik Informasi/Teknik Informasi Komunikasi.

59. Teknisi Jaringan Instalasi
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Jaringan Komputer/Teknik Komputer dan Jaringan/Teknik Komputer.

60. Teknisi Jaringan Teknologi Informasi Komputer Pendidikan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 4 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Teknik Komputer/Teknik Informatika/Manajemen Informatika/Komputer/Jaringan Komputer.

61. Teknisi Mesin
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Mesin.

62. Teknisi Nautika
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Nautika.

63. Verifikator Keuangan
Untuk posisi ini dibuka sebanyak 16 formasi dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu lulusan D-III Keuangan/Administrasi Keuangan/Ekonomi Akutansi/Ekonomi Manajemen.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memastikan rekrutmen CPNS 2021 akan dibuka pada akhir Juni 2021.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa pembukaan rekrutmen disertai pendaftaran CPNS dan PPPK akan digelar secara bersamaan.

"Rencananya berbarengan akhir Juni," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

https://money.kompas.com/read/2021/06/17/122000426/polri-buka-1.035-formasi-cpns-2021-paling-banyak-untuk-lulusan-d-iii

Terkini Lainnya

KB Bank Targetkan Penyelesaian Perbaikan Kualitas Aset Tahun Ini

KB Bank Targetkan Penyelesaian Perbaikan Kualitas Aset Tahun Ini

Whats New
Astra Agro Lestari Sepakati Pembagian Dividen Rp 165 Per Saham

Astra Agro Lestari Sepakati Pembagian Dividen Rp 165 Per Saham

Whats New
Ditopang Pertumbuhan Kredit, Sektor Perbankan Diprediksi Semakin Moncer

Ditopang Pertumbuhan Kredit, Sektor Perbankan Diprediksi Semakin Moncer

Whats New
Survei: 69 Persen Perusahaan Indonesia Tak Rekrut Pegawai Baru untuk Hindari PHK

Survei: 69 Persen Perusahaan Indonesia Tak Rekrut Pegawai Baru untuk Hindari PHK

Work Smart
Heboh Loker KAI Dianggap Sulit, Berapa Sih Potensi Gajinya?

Heboh Loker KAI Dianggap Sulit, Berapa Sih Potensi Gajinya?

Whats New
Tantangan Menuju Kesetaraan Gender di Perusahaan pada Era Kartini Masa Kini

Tantangan Menuju Kesetaraan Gender di Perusahaan pada Era Kartini Masa Kini

Work Smart
Bantuan Pesantren dan Pendidikan Islam Kemenag Sudah Dibuka, Ini Daftarnya

Bantuan Pesantren dan Pendidikan Islam Kemenag Sudah Dibuka, Ini Daftarnya

Whats New
Tanggung Utang Proyek Kereta Cepat Whoosh, KAI Minta Bantuan Pemerintah

Tanggung Utang Proyek Kereta Cepat Whoosh, KAI Minta Bantuan Pemerintah

Whats New
Tiket Kereta Go Show adalah Apa? Ini Pengertian dan Cara Belinya

Tiket Kereta Go Show adalah Apa? Ini Pengertian dan Cara Belinya

Whats New
OJK Bagikan Tips Kelola Keuangan Buat Ibu-ibu di Tengah Tren Pelemahan Rupiah

OJK Bagikan Tips Kelola Keuangan Buat Ibu-ibu di Tengah Tren Pelemahan Rupiah

Whats New
Pj Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran yang Gerak Cepat Atasi Permasalahan Petani

Pj Gubernur Jateng Apresiasi Mentan Amran yang Gerak Cepat Atasi Permasalahan Petani

Whats New
LPEI dan Diaspora Indonesia Kerja Sama Buka Akses Pasar UKM Indonesia ke Kanada

LPEI dan Diaspora Indonesia Kerja Sama Buka Akses Pasar UKM Indonesia ke Kanada

Whats New
Unilever Tarik Es Krim Magnum Almond di Inggris, Bagaimana dengan Indonesia?

Unilever Tarik Es Krim Magnum Almond di Inggris, Bagaimana dengan Indonesia?

Whats New
Simak 5 Cara Merapikan Kondisi Keuangan Setelah Libur Lebaran

Simak 5 Cara Merapikan Kondisi Keuangan Setelah Libur Lebaran

Earn Smart
Studi Kelayakan Kereta Cepat ke Surabaya Digarap China, KAI: Kita Enggak Ikut

Studi Kelayakan Kereta Cepat ke Surabaya Digarap China, KAI: Kita Enggak Ikut

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke