Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Bitcoin dkk Kembali Tertekan, Apa Sebabnya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mata uang kripto kembali merosot pada perdagangan hari ini, Sabtu (19/6/2021).

Setelah sempat sedikit bangkit di awal pekan, harga aset kripto terpopuler terus merosot dalam beberapa hari terakhir.

Harga bitcoin misalnya, dikutip dari CoinMarketCap pada perdagangan hari ini merosot 5,75 persen menjadi ke kisaran 35.551,93 dollar AS per keping. Angka tersebut setara dengan sekitar Rp 511,95 juta (kurs Rp 14.400).

Bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama sepekan yang lalu, harga bitcoin melemah tipis 0,73 persen.

Harga bitcoin pada perdagangan sepekan terakhir sebenarnya sempat tumbuh ke keisaran 40.624,51 dollar AS per keping. Namun demikian, sayangnya penguatan tersebut tidak mengalami perbaikan.

Menguatnya harga bitcoin dalam beberapa waktu yang lalu merupakan efek dari tweet CEO Tesla Elon Musk yang mengatakan bakal kembali menerima bitcoin untuk transaksi pembelian mobil listrik.

Namun demikian, tren penguatan harga bitcoin tidak berlangsung lama. Sebabm harga bitcoin kembali menunjukkan tren menurun sejak saat itu.

Dikutip dari Coindesk, salah satu penyebab tren harga bitcoin melemah adalah pengetatan aturan mengenai bitcoin. Pengetatan aturan tersebut dengan pertimbangan dampak lingkungan yang disebabkan oleh proses penambangan bitcoin.

Pada Kamis (17/6/2021) lalu, para penambang bitcoin yang berlokasi di Ya'an, salah satu pusat penambangan aset kripto terbesar di Provinsi Sichuan, China mendapatkan peringatan untuk melakukan penutupan operasional mereka.

Penurunan harga aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar tersebut diikuti oleh mata uang kripto lainnya.

Harga ethereum misalnya, pada perdagangan hari ini merosot 5,95 persen menjadi ke kisaran 2.210,07 dollar AS per keping atau sekitar Rp 31,82 juta. Sementara itu, harga Dogecoin merosot 3,13 persen menjadi ke kisaran 0,2918 dollar AS per keping atau sekitar Rp 4.201,92.

Untuk lebih rinci, berikut daftar harga 10 aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar dalam 24 jam terakhir:

https://money.kompas.com/read/2021/06/19/102333026/harga-bitcoin-dkk-kembali-tertekan-apa-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke