Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaatkan Shopee, Mitraanda88 Wujudkan Mimpi Jangkau Pasar Mancanegara

KOMPAS.com – Perkembangan platform e-commerce yang pesat di Indonesia membuka peluang bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu yang memanfaatkan peluang tersebut adalah Andre.

Andre merupakan pemilik toko Mitraanda88 yang menjual alat-alat listrik, kabel, dan elektronik rumah tangga. Berawal dari penjualan offline, toko tersebut kini sukses menyalurkan produknya ke 11 daerah hingga ke Bali dan Kalimantan.

Andre menuturkan awal dirinya tertarik untuk mengembangkan penjualan melalui e-commerce. Saat pemerintah giat mengkampanyekan era digital 4.0, dirinya melihat hal tersebut sebagai peluang.

Tak butuh waktu lama, ia memutuskan untuk bergabung dengan Shopee pada 2018. Dalam waktu singkat, penjualan barang elektronik di toko Mitraanda88 disambut antusias pengguna Shopee.

“Bergabung dengan Shopee merupakan keputusan tepat yang saya ambil setelah 21 tahun berjualan secara offline,” ujar Andre.

Walau pandemi Covid-19 turut memberi dampak pada industri UMKM, Andre tetap optimis dengan pengembangan bisnis di Shopee. Pasalnya, Shopee memiliki berbagai program kampanye dan promo yang mampu menarik banyak minat konsumen selama masa pandemi.

Ia mengaku, penjualan toko Mitraanda88 di Shopee berjalan sesuai harapan dan meningkat dratis.

“Kami mengalami peningkatan sebsar 3 kali lipat. Bahkan, rata-rata pesanan bulanan Mitraanda88 di Shopee dapat mencapai puluhan hingga ratusan ribu,” tuturnya.

Pada awal usaha, Andre hanya dibantu enam orang pekerja. Seiring perkembangan bisnisnya dengan Shopee, Andre mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk 101 karyawan, terdiri dari 70 karyawan gudang, 20 orang admin, dan 11 orang di bagian sales marketing.

Kebanyakan para karyawannya merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas atau bahkan tidak tamat sekolah. Menurut Andre, tingkat pendidikan yang dimiliki karyawannya adalah kriteria kesekian setelah kejujuran dan niat bekerja.

Ia menganggap para karyawannya sebagai bagian dari anggota keluarga. Dirinya pun tidak menyangka bila mampu memberikan penghidupan yang layak kepada mereka.

Usahanya semakin berkembang setelah bergabung dengan Shopee

Selain membuka peluang bagi UMKM untuk berkembang, Shopee turut membimbing Andre mulai dari memberi pengetahuan, mengarahkan, sampai meningkatkan bisnis.

Menurut Andre, Shopee telah menciptakan kepercayaan masyarakat untuk melakukan pembelian produk elektronik secara online.

Dengan kecanggihan teknologi dan sistem keamanan dari Shopee, masyarakat semakin mengandalkan kemudahan transaksi melalui platform online untuk memenuhi kebutuhan, termasuk untuk produk elektronik.

Selain itu, berbagai program dan promo yang dimiliki Shopee juga dapat meningkatkan exposure dari setiap mitra. Adapun program tersebut yakni kampanye-kampanye besar, fitur flash sale, voucher toko, fitur game, dan masih banyak lainnya.

“Kami juga akan ikut serta dalam kampanye 7.7 Mega Elektronik Sale. Lewat acara itu, pengguna Shopee dalam melihat beragam produk elektronik yang kami miliki. Pada kampanye itu, kami akan memberikan berbagai promo mulai dari diskon sampai 90 persen, limited time deals, dan voucher toko,” ujar Andre.

Andre mengaku, memiliki angan-angan untuk mengekspor produknya ke luar negeri. Melalui kerja sama dengan Shopee hal tersebut dapat terwujud. Pasalnya, program ekspor Shopee telah berhasil mewujudkan mimpinya untuk dapat menembus pasar internasional.

Pada 2019, produk-produk Mitraanda88 telah menjangkau negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, serta Vietnam.

“Ke depannya, kami akan fokus untuk meningkatkan penjualan toko Mitraanda88. Dengan demikian, berdampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia lewat perluasan lapangan kerja,” pungkas Andre.

https://money.kompas.com/read/2021/06/19/174326626/manfaatkan-shopee-mitraanda88-wujudkan-mimpi-jangkau-pasar-mancanegara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke