Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa itu Pasar Persaingan Sempurna?

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam ilmu ekonomi dikenal istilah pasar persaingan sempurna. Jenis pasar tersebut dianggap paling ideal karena pembeli dan penjual tidak memiliki kekuatan untuk memengaruhi harga.

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak serta produk yang dijual bersifat homogen.

Dalam buku Entrepreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung (2009) karya Eddy Soeryanto, pasar persaingan sempurna terjadi jika jumlah perusahaan dalam suatu industri banyak dan berskala kecil. Sehingga tidak ada perusahaan yang dapat memengaruhi harga pasar.

Pembentukan harga benar-benar terjadi karena keinginan produsen dan konsumen. Permintaan dari sisi konsumen, sedangkan penawaran dari sisi produsen atau penjual.

Bentuk pasar persaingan sempurna ada di bidang produksi dan perdagangan hasil pertanian serta perikanan.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

Mengutip laman Kemendikbud.go.id, 6 ciri-ciri pasar persaingan sempurna yakni sebagai berikut:

  • Jumlah Pembeli dan Penjual Banyak

Dalam pasar persaingan sempurna, pembelian seorang konsumen sangat kecil apabila dibandingkan dengan jumlah pembelian secara keseluruhan di pasar, sehingga jika pembeli menambah atau mengurangi jumlah pembelian maka keseimbangan pasar tidak berpengaruh.

Karena kuantitas pembeliannya sangat kecil, ia tidak dapat membeli dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar dan juga tidak akan membeli dengan harga tinggi diatas harga pasar. Bagi pembeli, harga pasar harus diikuti dan pembeli hanya bertindak sebagai pengikut harga atau price taker.

Pembeli hanya menetukan jumlah barang yang akan dibelinya. Bagi penjual, jumlah penjual dalam pasar persaingan sempurna sangat banyak, jumlah barang yang dijual sedikit dibandingkan dengan jumlah barang secara keseluruhan.

Penambahan dan pengurangan barang dagangan tidak akan mempengaruhi harga. Penjual harus mengikuti harga pasar, penjual hanya menetukan kuantitas barang yang akan dijual.

  • Barang atau jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen

Barang atau jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen artinya satu jenis barang merupakan barang pengganti (substitusi) untuk barang dari penjual lain. Dalam hal ini konsumen menganggap bahwa barang yang dijual sama mutunya, sehingga konsumen tidak dapat membedakan antara barang yang satu dengan barang yang lain.

  • Faktor produksi bebas bergerak

Faktor produksi , seperti bahan baku ataupun tenaga modal bebas bergerak, bebas berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain yang lebih menguntungkan. Tidak ada yang menghalangi, baik kendala peraturan maupun kendala teknik.

  • Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan

Harga barang dan jasa benar-benar terjadi sebagai akibat interakasi antara permintaan dan penawaran di pasar.

  • Pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar

Lengkapnya informasi pasar sangat penting agar persaingan benarbenar sempurna. Bagi pembeli informasi yang diperlukan diantaranya tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahannya, kuantitas dan kualitas barang, serta dimana bisa memperoleh barang yang dibutuhkan.

Sedangkan bagi produsen atau penjual, kelengkapan informasi mencakup perubahan harga, penemuansumber bahan mentah, tingkat upah, dan teknologi produksi.

  • Produsen bebas keluar masuk pasar

Ada kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar. Perusahaan yang mampu memproduksi barang dapat masuk secara bebas ke dalam industry , tidak ada yang dapat menahannya.

Setiap perusahaan juga bebas keluar dari pasar jika diinginkan.Dalam pasar persaingan sempurna tidak ada batasan yang bersifat alamiah maupun buatan yang menghalangi masuk dan keluarnya produsen baru.

Contoh batasan buatan, yaitu adanya peraturan pemerintah atau kesepakatan produsen lama untuk melarang masuknya pemain baru dalam pasar, sedangkan batasan alamiah terkait dengan efisiensi usaha.

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna
Mengutip buku Teori Ekonomi (Pendekatan Mikro) 2018, karya Jun Surjani dkk, kelebihan pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:

  • Harga benar-benar terbentuk melalui mekanisme harga.
  • Harga terbentuk tanpa ada campur tangan pemerintah maupun asosiasi produsen.
  • Dalam jangka panjang akan terjadi harga yang menguntungkan konsumen karena harga dibentuk dari biaya rata-rata minimum. Pasar menjamin diproduksinya produk dengan biaya rendah.
  • Tidak memerlukan adanya iklan karena jenis barang, kualitas, dan harganya hampir sama.

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

https://money.kompas.com/read/2021/06/20/150000526/apa-itu-pasar-persaingan-sempurna-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke