Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapkan Saldo Lebih, Tarif 2 Ruas Tol Trans-Jawa Ini Bakal Naik

Informasi kenaikan tarif di dua ruas yang merupakan bagian dari jaringan Tol Trans-Jawa tersebut sudah diumumkan melalui sejumlah akun media sosial milik anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Akun Instagram resmi @jasamarga_semarang_batang menyebut bahwa dalam waktu dekat ini, ruas jalan Tol Batang - Semarang akan diberlakukan penyesuaian tarif.

“Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 777/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Batang-Semarang,” tulis akun tersebut dalam unggahannya, dikutip pada Rabu (23/6/2021).

Akun tersebut meminta bahwa agar aman dan nyaman berkendara, pengguna harus selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan hati-hati dalam berkendara.

Sebagai informasi, Tol Batang - Semarang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB). Jalan tol sepanjang 75 km ini menghubungkan Kabupaten Batang, Kendal, dan Kota Semarang, serta merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta untuk menjaga kondisi lalu lintas jalan tol agar tetap kondusif dan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai yang disyaratkan oleh pemerintah, operator memiliki beberapa jenis armada pelayanan.

“Bila #KawanJM mengalami kendala di ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group, pastikan untuk segera menghubungi layanan Call Center 24 jam di nomor 14080 untuk mendapatkan fasilitas layanan kendaraan Jasa Marga,” tulis akun tersebut pada sebuah unggahan lainnya.

Sementara itu, informasi kenaikan tarif Tol Semarang-Solo disosialisasikan melalui akun Instagram @official.jasamargatransjawatol.

“Dalam waktu dekat akan diberlakukan penyesuaian tarif di ruas jalan Tol Semarang-Solo. Penyesuaian tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 752/KPTS/M/2021,” tulis akun tersebut.

Selain itu, sosialisasi mengenai berbagai layanan dan fasilitas yang ada di Tol Semarang-Solo pun sudah dilakukan di akun media sosial mereka.

Dalam beberapa unggahan disebutkan kendaraan operasional yang melayani pengguna ruas jalan tol tersebut. Tidak lupa terdapat daftar lokasi rest area yang tersedia.

Hanya saja, belum ada info detail mengenai waktu pemberlakuan tarif tol terbaru ini baik untuk kenaikan tarif Tol Semarang-Batang maupun Tol Semarang-Solo.

Sebelumnya, tarif Tol Trans-Jawa sudah mengalami perubahan mulai 29 April 2021 seiring adanya kenaikan tarif Tol Ngawi-Kertosono.

Tarif Tol Ngawi-Kertosono naik secara resmi mulai 29 April 2021. Dengan begitu, tarif Tol Ngawi-Kertosono 2021 lebih mahal dibandingkan tarif Tol Ngawi-Kertosono 2020.

Tarif terjauh kendaraan Golongan 1 dari Klitik ke Kertosono mengalami penyesuaian tarif dari sebelumnya sebesar Rp 88.000, kini tarif terjauhnya menjadi Rp 91.000.

Ini berarti para pengguna harus membayar lebih mahal Rp 3.000 dari tarif sebelumnya. Perubahan tersebut praktis berdampak pada kenaikan biaya Tol Trans-Jawa 2021.

https://money.kompas.com/read/2021/06/23/131835426/siapkan-saldo-lebih-tarif-2-ruas-tol-trans-jawa-ini-bakal-naik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke