Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Uno Lakukan Uji Coba "Trail of Civilization" di Borobudur

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat ini tengah menjalani Work From Borobudur, sebagai perluasan kebijakan Work From Destination untuk membangkitkan sektor pariwisata.

Dalam unggahan di Instagram, terlihat Sandiaga melakukan uji coba rangkaian kegiatan Trail of Civilization, dengan tema Ancient Kingdom: Borobudur Series, di Magelang, Jawa Tengah dengan mengendarai mobil VW safari.

Sandiaga mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan dapat menghadirkan pola-pola perjalanan di sekitar kawasan Candi Borobudur yang disusun berdasarkan relief yang terdapat di dinding candi.

Relief-relief ini menggambarkan peradaban kehidupan masyarakat sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha di Tanah Jawa.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengalaman berwisata bagi wisatawan dengan mengedepankan unsur edukasi, entertainment, dan diperkuat dengan storytelling pada setiap aktivitasnya,” kata Sandiaga dalam siaran pers, Rabu (23/6/2021).

Adapun beberapa akitivitas menarik dalam kegiatan Trail of Civilization, seperti membajak sawah, belajar bermain gamelan, menaiki delman, menggunakan transportasi VW Safari, belajar membuat gerabah, melakukan yoga, menambah wawasan tentang astronomi walking with star, serta merasakan pengalaman menginap di penginapan yang dikelola oleh balkondes.

“Trail of Civilization atau jejak peradaban ini, kami yakini menjadi daya tarik yang luar biasa atas suatu pendekatan pariwisata yang lebih berkualitas dan memiliki dampak keberlanjutan dan kelestarian lingkungan,” tambah dia.

Sandiaga mengatakan, potensi kunjungan wisatawan ke Magelang dan daerah sekitarnya mencapai antara 8 hingga 12 juta orang.

Maka dari itu, wisata Borobudur diharapkan dapat menjadi era baru pariwisata yang lebih berkelanjutan, sehingga kunjungan dari wisatawan di sini bisa menghadirkan peluang usaha dan terbukanya lapangan kerja.

“Karena selama ini sektor pariwisata dikhawatirkan akan redup di tengah pandemi, justru mampu bersinar. kita bukan bagian dari masalah tapi justru bagian dari solusi bangsa ini untuk bangkit dan pulih. Tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” jelas Sandi.

https://money.kompas.com/read/2021/06/24/184051126/sandiaga-uno-lakukan-uji-coba-trail-of-civilization-di-borobudur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke